Alur Tes Prometric di Indonesia

Ruang Utama IIEF di Indonesia

Bagi perawat yang akan berangkat ke Timur Tengah untuk bekerja, maka ada baiknya memahami sistem registrasi dan evaluasi perawat disana. Mengetahui sistem akan membuat langkah untuk menjadi perawat profesional yang diakui oleh negara lain menjadi dambaan tersediri, salah satunya di Arab Saudi.

Negara monarki absolut ini memiliki sistem registrasi yang ketat bagi tenaga kesehatan yang akan bekerja. Pada umumnya, sektor kesehatan menjadi primadona karena banyak penduduk lokal yang kurang meminati sektor ini terutama tenaga keperawatan.

Saudi Commission for Health Specialist (SCFHS) merupakan lembaga yang mengatur registrasi dan evaluasi tenaga kesehatan di Arab Saudi. Dalam pelaksanaan registrasi, SCFHS kemudian menunjuk Prometric sebagai lembaga independen untuk melakukan assessment sekaligus tes bagi tenaga kesehatan.

Dalam proses pelaksanaannya, seorang perawat yang akan diakui untuk dapat bekerja di Arab Saudi wajib melalui tes ini sebagai prasyarat menjadi perawat teregistrasi. Komponen tes berbeda-beda untuk setiap profesi berdasarkan rumpun ilmu masing-masing, namun dalam hal pelaksanaannya, keseluruhan tes berbentuk computer based test.

Jika ditanya tentang lokasi ujian, maka ada serangkaian proses yang akan dilalui perawat seperti registrasi di akun mumaris plus serta registrasi lanjutan di prometric.com. Untuk menentukan lokasi atau titik ujian, ada beberapa tempat atau test center yang tersedia di Arab Saudi, hampir keseluruhan kota-kota besar menjadi lokasi pelaksanan tes.

Karena tempat ujian hanya tersedia di Arab Saudi, maka sebagian perawat yang mengikuti seleksi bekerja terpaksa harus menanti waktu yang lama untuk dapat mengikuti ujian. Untuk pemberangkatan ke Arab Saudi, mereka harus melewati bebebrapa proses keberangkatan seperti penandatanganan kesepakatan kerja, proses visa, pemeriksaan kesehatan, sidik jari hingga pembekalan akhir pemberangkatan.

Apakah Tes Bisa Dilakukan di Indonesia?

Ini pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh perawat yang akan berangkat ke Arab Saudi. Berdasarkan pengalaman penulis, perawat juga bisa melakukan registrasi dan ujian di Indonesia. Ada beberapa alur yang dapat dilakukan :

1. Membuat Akun Mumaris Plus

Membuat akun mumaris plus adalah langkah awal yang dapat dilakukan. Perawat bisa mendaftar melalui www.mumarisplus.ac.sa dengan terlebih dahulu mendaftarkan nama dan email. Setelah itu ada beberapa langkah yang bisa dilakukan meliputi :

  • Pengisian identitas diri sesuai dengan passport
  • Pengisian lembaga pendidikan dimana perawat lulus
  • Pengisian lisensi dari negara asal
  • Pengisian pengalaman kerja dari negara asal
  • Pembayaran melalui kartu kredit

Setelah melakukan pengisian dari keseluruhan tahapan yang ada, maka perawat akan menunggu approval atas dokumen yang sudah di isi selama 4-7 hari. Jika dokumen yang dilampirkan valid dan teregistrasi maka perawat dinyatakan dapat mengikuti ujian.

Baca juga :  CURRICULUM VITAE (CV) SERVICE : Emily William (#05EW)

Untuk dapat mengikuti ujian, maka perawat harus melakukan pembayaran kepada SCFHS sebesar 400 SAR atau 1,2 juta rupiah untuk mendapatkan eligibity number yang nantinya akan digunakan sebagai nomor pendaftaran di prometric.

2. Mendaftar di Prometric

Setelah serangkaian proses di mumaris plus selesai dan perawat telah mendapatkan eligibity number, maka perawat wajib melakukan registrasi di prometric.com. Ada beberapa alur yang dapat dilakukan untuk melakukan registrasi diantaranya :

  1. Perawat melakukan booking jadwal di www.prometric.com
  2. Memilih menu Test Taker dan Saudi Commission for Health Specialist (SCFHS) sebagai provider ujian.
  3. Pada menu Action terdapat 4 pilihan yaitu : Locate, Schedule, Confirm dan Re-Schedule.
    Locate : Memilih tempat ujian (Perawat bisa memilih Indonesia)
    Schedule : Memasukkan eligibity number yang didapatkan dari aplikasi “Mumaris Plus”. Sistem akan menampilkan identitas kita secara otomatis dan mengisi format yang masih kosong seperti alamat, nomor telepon dan nama orang tua.
    Confirm : Melakukan konfirmasi terhadap data yang dimasukkan, lokasi yang dipilih serta pembayaran yang dilakukan. Untuk pembayaran dapat dilakukan melalui credit card berbasis visa dan master cards.
    Re-Schedule : Jika perawat berhalangan pada tanggal dan hari yang dtetapkan, maka perawat dapat memilih menu ini untuk mengubah secara otomatis hari dan tanggal lainnya.
  4. Peserta datang 1 jam sebelum waktu ujian dimulai pada lokasi yang telah ditetapkan saat pendaftaran.
  5. Peserta menyiapkan KTP asli atau Passport sebagai dokumen pendukung pada saat ujian.
  6. Peserta memasuki ruangan yang tersedia sebelum ujian yaitu ruang pemeriksaan. Untuk ruang pemeriksaan, kita akan mengisi data diri, sidik jari dan konfirmasi keaslian dokumen seperti KTP atau passport. Kita juga tidak diperbolehkan membawa alat tulis atau barang apapun karena fasilitas seperti bolpoint dan lembaran sudah tersedia di ruang ujian.
  7. Peserta memasuki ruang ujian dan mendapat instruksi prihal tata cara ujian, waktu ujian dan prosedur setelah berakhirnya ujian. Pelaksanaan ujian dilakukan dengan sistem Computer Based Test (CBT).
  8. Hasil Akhir
    Hasil akhir secara otomatis dikirim ke akun “mumaris plus” beserta sertifikat klasifikasi dari Saudi Commission for Health Specialist (SCFHS). Jika kita gagal ujian, maka diberikan kesempatan 2 kali ujian pada bulan berikutnya.
    Lokasi ujian untuk tes prometric di Indonesia beralamat di Imperium Tower yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan. Penyelenggara ujian oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF)
IIEF Announcement

Akhir Fahruddin S. Kep., RN

Registered Nurse, Writer, Social Activist and Organizator

7 thoughts on “Alur Tes Prometric di Indonesia

    • October 2, 2021 at 8:17 pm
      Permalink

      Hallo Kak Ahmad
      Terimakasih telah membaca. Jangan lupa dishare ya, semoga bermanfaat 🙂

      Reply
  • February 21, 2022 at 5:48 pm
    Permalink

    Nice good for information.
    Love all nurses

    Reply
  • February 21, 2022 at 5:55 pm
    Permalink

    Very good information.
    Love you all nurse’s

    Reply
    • February 23, 2022 at 11:28 am
      Permalink

      Hi Kak Muryatiningsih
      Terimakasih telah membaca. Jangan lupa dishare ya, semoga bermanfaat 🙂

      Reply
  • July 9, 2022 at 3:16 am
    Permalink

    Terimah kasih akan infonya sangat bermanfaat.

    Reply
    • July 11, 2022 at 3:25 am
      Permalink

      Hi Kak Wahifah
      Terimakasih telah membaca. Jangan lupa dishare ya, semoga bermanfaat 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DSA NEWS UPDATE!Subcribe untuk informasi terbaru

Update informasi Anda bersama Devisa Saudi Arabia (DSA)