Berita InternasionalHaji & UmrohIslam StoryKabar SaudiUmroh

“8” Tips agar Jemaah Haji Aman dan Tak Tersesat Selama Beribadah

Menjalankan ibadah di Tanah Suci merupakan dambaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Di tanah penuh berkah ini, hati diliputi rasa khusyuk dan jiwa dipenuhi kedamaian. Namun, di balik momen istimewa ini, penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama beribadah.
Artikel ini akan mengupas beberapa tips penting untuk membantu Anda menunaikan ibadah di Tanah Suci dengan aman dan nyaman. Tips-tips ini mencakup persiapan sebelum keberangkatan, panduan selama di Tanah Suci, serta langkah-langkah antisipasi untuk berbagai situasi yang mungkin terjadi.

Dengan persiapan yang matang dan pengetahuan yang memadai, Anda dapat fokus pada tujuan utama, yaitu beribadah dengan penuh khusyuk dan mendapatkan rahmat Allah SWT.

Tips Haji Aman dan Nyaman

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para jemaah haji agar bisa beribadah dengan perasaan aman dan nyaman. Dilansir dari laman Kementerian Agama (Kemenag) RI, berikut beberapa tips ibadah aman dan nyaman di Tanah Suci :

  1. Mencatat Nama dan Nomor Hotel
    Mencatat nama dan alamat hotel Anda di tempat yang mudah diakses, seperti buku catatan kecil atau aplikasi smartphone adalah langkah penting untuk memastikan Anda dapat menemukan kembali tempat penginapan Anda jika tersesat. Hal ini penting dilakukan, terutama di tengah keramaian Tanah Suci yang luar biasa.

    Selain itu, pastikan Anda hafal nomor telepon hotel atau simpan di tempat yang mudah dijangkau. Informasi ini sangat penting jika Anda membutuhkan bantuan untuk kembali ke hotel.
  2. Menyimpan Kontak Petugas Haji
    Menyimpan nomor telepon dan informasi kontak petugas haji yang bertanggung jawab atas rombongan Anda juga merupakan langkah penting untuk memastikan Anda memiliki akses ke bantuan dalam berbagai situasi. Petugas haji ini dapat membantu Anda dalam berbagai hal, seperti jika Anda kehilangan barang, tersesat, atau membutuhkan bantuan medis.

    Memiliki informasi kontak ini akan membantu Anda mendapatkan bantuan dengan cepat jika Anda membutuhkannya, terutama dalam situasi yang mendesak.
  3. Mengenakan Tanda Pengenal
    Menggunakan tanda pengenal adalah langkah penting untuk memastikan Anda dapat diidentifikasi dengan mudah jika Anda tersesat atau terpisah dari rombongan, terutama di tengah keramaian.

    Pastikan tanda pengenal Anda tidak rusak selama perjalanan haji. Tanda pengenal ini dapat menjadi alat bantu penting bagi petugas haji atau orang lain untuk membantu Anda menemukan kembali rombongan Anda atau mengantarkan Anda kembali ke hotel.
  4. Pergi dan Pulang Berkelompok
    Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Akhmad Fauzin mengimbau untuk mengenakan identitas dan melakukan perjalanan secara berkelompok dengan jemaah haji lainnya.

    “Kenakan identitas pengenal, terutama gelang jemaah. Jangan tukar menukar gelang dengan jemaah lainnya. Pergi dan pulang secara berkelompok,” terang Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya.
  5. Menggunakan Pelembab Kulit dan Bibir
    Cuaca di Tanah Suci bisa sangat panas dan kering, sehingga penting untuk menjaga kulit dan bibir Anda tetap terhidrasi. Hal ini untuk menghindari kulit kering, pecah-pecah, dan bibir pecah-pecah yang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman.

    Gunakan pelembab kulit dan bibir secara teratur, terutama setelah mandi atau beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengandung SPF untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.
  6. Menggunakan Alas Kaki yang Nyaman
    Jemaah haji akan melakukan banyak berjalan kaki selama di Tanah Suci untuk mengunjungi tempat-tempat suci dan melakukan ibadah. Oleh karena itu, penting untuk memilih alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan medan yang akan Anda lalui.

    Sebagai tips, pilihlah alas kaki yang terbuat dari bahan yang breathable dan memiliki sol yang empuk untuk menghindari kaki lecet dan sakit. Hindari memakai sandal atau sepatu hak tinggi yang dapat melukai kaki Anda, terutama pada saat cuaca panas dan jalanan yang ramai.
  7. Membawa Air Mineral
    Dehidrasi dapat menjadi masalah serius di Tanah Suci karena cuaca yang panas dan kering. Oleh karena itu, penting untuk selalu membawa air mineral saat Anda beraktivitas di luar ruangan.

    Minumlah air putih secara teratur, bahkan meskipun Anda tidak merasa haus. Hal ini untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dan terhindar dari dehidrasi.
  8. Makan dan Istirahat Tepat Waktu
    Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk menjaga stamina selama beribadah. Makanlah makanan yang bergizi dan hindari makanan yang tidak sehat. Hal ini untuk memberikan energi yang Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas ibadah.

    Selain itu, istirahat yang cukup juga penting selama di Tanah Suci agar bisa menjalankan ibadah dengan maksimal. Saat malam hari, pastikan Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!