Berita InternasionalKabar Saudi

Surplus pariwisata Arab Saudi melonjak menjadi SR22,8 miliar pada Q1 2023

Kementerian Pariwisata Arab Saudi telah melaporkan angka-angka yang mengesankan untuk kuartal pertama tahun 2023, menyoroti perputaran yang luar biasa dalam neraca pembayaran negara tersebut untuk item perjalanan. Berbeda dengan defisit SR1,6 miliar pada kuartal pertama tahun sebelumnya, Arab Saudi sekarang membanggakan surplus substansial sebesar SR22,8 miliar selama periode yang sama.

Pergeseran dramatis ini dapat dikaitkan dengan pertumbuhan fenomenal dalam pendapatan pariwisata yang masuk, yang melonjak sebesar 225% dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2022, mencapai SR37 miliar yang mengejutkan, sesuai dengan data dari Bank Sentral Arab Saudi (SAMA).

Pencapaian ini menandakan puncak dari komitmen kementerian yang tak tergoyahkan untuk memperkuat sektor pariwisata dan peran pentingnya dalam mendorong perekonomian nasional – sebuah upaya yang selaras dengan tujuan yang diuraikan dalam Strategi Pengembangan Pariwisata Nasional.

Data yang dirilis oleh SAMA menggarisbawahi kontribusi substansial dari sektor pariwisata terhadap Neraca Transaksi Berjalan, sebuah bukti dari upaya tak kenal lelah dari Kementerian Pariwisata, yang didukung oleh dukungan kuat dari kepemimpinan Arab Saudi. Upaya-upaya ini telah menempatkan Arab Saudi di antara tujuan-tujuan internasional teratas dengan menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pengembangan pariwisata, meningkatkan layanan dan produk pariwisata, dan membina kolaborasi berkelanjutan dengan berbagai lembaga pemerintah untuk memelihara pertumbuhan sektor pariwisata Kerajaan.

Belakangan ini, Arab Saudi telah mencapai pencapaian penting dalam industri pariwisata. Negara ini telah naik 16 peringkat dalam indeks pendapatan pariwisata internasional, menduduki peringkat ke-11 secara global pada tahun 2022, sebuah lompatan yang signifikan dari posisi ke-27 pada tahun 2019. Selain itu, Arab Saudi terus unggul secara internasional, menyambut sekitar 7,8 juta wisatawan pada kuartal pertama tahun 2023 – kinerja kuartalan yang tak tertandingi yang mewakili pertumbuhan 64% yang luar biasa dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Akibatnya, Kerajaan mengamankan posisi kedua secara global dalam hal tingkat pertumbuhan wisatawan internasional, menurut data yang dirilis oleh Organisasi Pariwisata Dunia pada Mei 2023.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!