Bagaimana Cara Bekerja di Arab Saudi?

Untuk bisa bekerja di Saudi, satu hal yang pasti bahwa kita harus memiliki visa kerja yang jelas sebelum berangkat ke Saudi. Dengan adanya VISA kerja artinya kita memiliki kepastian eksistensi nanti saat telah tiba di Saudi. Namun, sebelumnya kita perlu ketahui, bahwa sejatinya banyak jenis visa yang perlu kita pahami terlebih dahulu sehingga kita tak salah ambil bisa.
1. Visa kerja
2. Visa kunjungan / tourist
3. Visa Haji dan Umroh
4. Visa belajar / pendidikan
5. Visa diplomat dll

Lebih lanjut, di Arab Saudi sendiri secara umum ada 3 jenis visa dilihat dari status berlakunya.

1. New Visa

Ini adalah jenis visa baru dimana seseorang yang mendapatkan visa ini belum pernah bekerja di Arab Saudi (Pertama kali) atau pernah bekerja di Saudi namun posisi saat ini sedang di Indonesia untuk mencari status pekerjaan baru.

2. Final Exit Visa

Ini adalah jenis visa yang digunakan bagi mereka yang telah selesai masa kontrak kerjanya di Saudi dan akan pulang ke Indonesia dengan tanpa ada rencana kembali lagi masuk ke Kerajaan Saudi. Artinya, statusnya benar-benar final. Jikapun suatu saat nanti ia ingin kembali lagi ke Saudi ia harus mendapatkan visa baru sebagaimana yang dijelaskan pada No 1 (New Visa).

3. Exit-Reentry Visa

Ini adalah jenis visa dimana pemiliknya dapat keluar ke negara di luar Saudi dalam waktu tertentu dan masuk kembali lagi ke Saudi dengan status visa apapun, baik visa cuti kuliah, cuti bekerja, kunjungan kerja dan sebagainya.

Langkah-Langkah untuk Bekerja di Arab Saudi

1. Perbanyak informasi mengenai Agency / PT dan lowongan kerja

Perlu diketahui, sampai saat ini belum pernah ada program G to G atau G to P antara Indonesia dan Arab Saudi. Artinya semua proses rekrutmen masih dipegang oleh PT / Agency / Pihak swasta. Dengan adanya kebijakan ini automatically kita harus melalui agency yang masing-masing agency beragam aturan termasuk biaya prosesnya.

Sayangnya, tidak semua agency / PT bekerja dengan ‘Sehat’ dimana banyak hal-hal di luar aturan pemerintah yang merugikan calon PMI secara langsung; baik rugi tenaga, waktu juga biaya yang tak sedikit. Maka, perlu diperhatikan bagaimana Tips Aman bekerja di Arab Saudi

Baca juga :  Pentingnya Memahami “Job Order” dalam Persiapan Bekerja di Arab Saudi

2. Perbanyak relasi dengan orang-orang yang juga akan bekerja ke Arab Saudi
3. Pelajari dan Kuasai Bahasa Arab dan English, atau minimal salah satu
4. Perkaya informasi tentang company yang bakal menghire kita
5. Siapkan dana mandiri more or less 7 – 15 juta untuk proses pemberangkatan
6. Terakhir, pastikan mendapat izin dari orang tua, suami atau istri untuk kemudahan dan keberkahan bekerja di Arab Saudi

Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Bekerja di Arab Saudi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DSA NEWS UPDATE!Subcribe untuk informasi terbaru

Update informasi Anda bersama Devisa Saudi Arabia (DSA)