Dokumen Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Bekerja di Arab Saudi?

Membahas mengenai dokumen apa saja yang perlu disiapkan, tentu kita harus tahu dulu status pekerjaan yang akan kita jalani. Apakah itu jenis pekerjaan formal atau non formal? Apakah itu pekerjaan profesional atau non profesional? Apakah pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian khusus? Karena pada dasarnya semua pemberkasan itu merujuk pada status calon pekerjaan itu.

Apa perbedaan Formal dan Non Formal?

Suatu pekerjaan dikatakan formal apabila bentuk atau status pemberi kerja adalah berbadan hukum.
Contohnya : Kementerian Dalam Negeri (Ministry of Interior), Kementerian Kesehatan (Ministry of Health / MoH), Kementerian Pertahanan (Ministry of Defence), Kementerian Pendidikan (Ministry of Education / MoE), Kemensos (Ministry of Social / MoS), lembaga sekolah, kilnik, rumah sakit, Syarikah (PT) atau contoh lembaga lainnya yang semuanya berbadan hukum dibuktikan dengan adanya surat tanda registrasi komersil (Commerce Registration) dan registrasi pajak.

Apa perbedaan Profesional dan Non Profesional?

Suatu pekerjaan dinamakan profesional apabila pekerjaan tersebut memiliki standar dan asosiasi yang diakui secara internasional juga diakui oleh negara pemberi kerja. Pekerjaan profesional juga membutuhkan basic disiplin keilmuan dan pengalaman yang harus ditempuh pada periode tertentu. Status pekerjaannya diakui secara global juga memilik tes khusus untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Bagaimana dengan Non Profesional? Kebalikannya dengan profesional. Artinya, status pekerjaan tersebut tidak memiliki basic keilmuan khusus, tidak membutuhkan keahlian dan syarat pengalaman tertentu.

Contoh status pekerjaan profesional : Dokter, Perawat, Bidan, Guru, Diplomat, Tentara, dan sebagainya
Contoh pekerjaam non profesional : Gardener (Tukang kebun), Housemaid (Asisten Rumah Tangga), Driver (Sopir) dan sejenisnya

Lalu, Dokumen Apa saja yang Perlu Disiapkan?

Berikut kami rangkumkan secara umum dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk bekerja di luar negeri / Arab Saudi

1. Ijazah terakhir (Education Certificate)
2. Transkrip nilai (Transcript)
3. Surat Pengalaman Kerja (Certificate of Employment / COE)
4. Surat Tanda Registrasi (STR) / Professional License
5. Pasport
6. Surat izin dari Orang tua/Suami/Istri
7. Curriculum Vitae (CV)

Keterangan :
– Untuk No 1-4 semua akan diterjemahkan (translate) ke dalam Bahasa Arab atau English oleh penerjemah tersumpah sebelum submit pengurusan legalisasi dari berbagai kementerian dan lembaga terkait.
– No 5 dibutuhkan untuk keperluan stamp VISA dan status penerbangan
– No 6 dibutuhkan untuk jaminan kepada agency atau PT yang digunakan agar nantinya jika terjadi masalah keluarga perihal izin keberangkatan dan lain-lain PT memiliki bukti surat izinya. Pada surat ini harus ada tanda tangan dari kepala desa/kelurahan setempat.
– No 7 dibutuhkan untuk diforward kepada calon pemberi kerja / company (user). Dokumen ini tidak perlu ditranslate sebagaimana no 1-4 karena statusnya yang akan diajukan ke lembaga. Namun, yang pasti CV yang kita siapkan haruslah salah satu dari 2 bahasa itu; English atau Arab. Jika, Bahasa Arab tidak begitu paham, kami sarankan minimal terjemahkan ke dalam English

Baca juga :  NURSING WEBINAR : Panduan Pengisian PKB Online dan STR Online 4.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DSA NEWS UPDATE!Subcribe untuk informasi terbaru

Update informasi Anda bersama Devisa Saudi Arabia (DSA)