Mempersiapkan Ujian Prometric di Timur Tengah

Bagi perawat yang tertarik bekerja di Timur Tengah harus mengikuti dan lulus ujian (PROMETRIC-RN). Setelah lulus tes ini, Perawat dengan pengalaman dua tahun dapat bekerja sebagai RN dan Perawat Diploma dengan pengalaman dua tahun dapat bekerja sebagai teknisi perawat atau practical nurse. Perawat di kedua kategori harus lulus ujian PROMETRIC –RN/PN yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan di masing-masing negara.

Tidak ada silabus khusus yang direkomendasikan untuk ujian PROMETRIC, tetapi di internet banyak sekali tersedia berbagai macam bahan pelajaran untuk membantu perawat lulus ujian dengan nilai yang baik. Prometrik adalah ujian berbasis komputer dengan pertanyaan pilihan ganda. Jika seorang kandidat gagal dalam ujian, ia memiliki kesempatan 3 kali untuk mengikutinya kembali. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mempersiapkan ujian.

Belajarlah dengan Serius

Ya jelaslah, memang harus serius, belajar yang sungguh-sungguh sampai paham adalah langkah pertama dan paling penting. Simplenya seperti ini, jika Anda tahu persis / menguasai topik yang ditanyakan, maka anda akan tahu jawaban yang benar walaupun pertanyaannya dibolak-balik. Pemahaman ilmu keperawatan anda adalah modal utama untuk bisa lulus ujian. Jika anda merasa masih belum yakin dengan tingkat pengetahuan yang anda punyai maka periksalah kebiasaan belajar Anda, evaluasi, dan buat perubahan yang diperlukan. Ada banyak tip praktis yang tersedia di internet, jadi tidak perlu bersusah payah. Sekali lagi belajar sampai paham adalah Kunci.

Perbanyak Latihan menjawab soal

Ujian Prometric mirip seperti NCLEX Cuma levelnya lebih mudah, perbandingannya adalah seperti ini kalau NCLEX itu kesulitannya level 5 maka prometrik hanya berada di level 3 dan ukom itu di level pertama. Kerjakanlah sebanyak mungkin soal latihan. Ada banyak sumber online yang bagus untuk berlatih. Dengan Latihan anda dapat mengevaluasi diri sendiri, dimana letak kelemahan dan topik mana yang harus dipelajari lagi. Semakin banyak Latihan semakin baik.

Baca juga :  Sebab Mengapa CV Tertolak untuk Melamar Kerja di Saudi

Kembali Ke Konsep Dasar Keperawatan

Belajar lagi dan pastikan anda paham dengan topik dasar – dasar keperawatan, karena sebagian besar dari topik tersebut akan keluar pada ujian Prometric. Luangkan waktu untuk mempelajari Kembali topik topik penting dalam keperawatan Anak, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, dan Keperawatan dasar. Demikian pula, Anda harus memiliki pemahaman penuh tentang perhitungan dan nilai normal laboratorium.

Gunakan Waktu Anda dengan Bijak

Ujian 150 item harus diselsesaikan dalam waktu 3 jam. Jadi anda dituntut bisa untuk mengatur waktu yang tersedia dengan baik, dan jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk masalah yang terlalu sulit. Jika Anda masih punya waktu, Anda dapat kembali ke sana, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Karena ada pengatur waktu di sudut kanan atas layar komputer, Anda akan tahu berapa banyak waktu yang tersisa. Setelah selesai, klik END, dan skor Anda akan ditampilkan di layar.

Biasakan Diri Anda Dengan CBT

Ujian Prometrik untuk Perawat adalah tes berbasis komputer (CBT) yang terdiri dari 150 pertanyaan pilihan ganda. Saat ini, tes berbasis komputer banyak digunakan. Anda tidak boleh gugup, dan latihanlah menjawab soal secara online sehingga anda terbiasa.


Reference :
Imam Handoko (2022) Bagaimana Mempersiapkan Ujian Prometric di Timur Tengah Untuk Perawat. Retrieved from Imam Abu Ahmad Official

Imam Handoko Kurniawan S. Kep., RN

Healthcare | Vlogger| Chairman of Indonesian Nurses Association of Uni Emirate Arab (UAE) | Founder www.imamhk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DSA NEWS UPDATE!Subcribe untuk informasi terbaru

Update informasi Anda bersama Devisa Saudi Arabia (DSA)