GOOD NEWS! Perawat tidak perlu pengalaman kerja untuk bekerja di UAE

Kabar gembira untuk dunia Kesehatan dari UAE (United Arab Emirates) khususnya tenaga perawat, seorang perawat tidak lagi memerlukan pengalaman kerja dua (2) tahun untuk mendapatkan lisensi keperawatan di UEA.

Menurut ‘Persyaratan Kualifikasi Profesional Perawatan Kesehatan Terpadu’ terbaru yang diterbitkan oleh otoritas kesehatan, perawat terdaftar dengan gelar sarjana keperawatan tidak perlu memiliki setidaknya dua (2) tahun pengalaman kerja pasca kualifikasi mereka untuk mengajukan lisensi keperawatan di UEA.

Pembaruan baru telah dikeluarkan bersama oleh Kementerian Kesehatan dan Pencegahan, Departemen Kesehatan – Abu Dhabi, Otoritas Kesehatan Dubai dan Otoritas Kesehatan Sharjah.

Sebelumnya seorang perawat perlu memiliki pengalaman kerja minimal dua (2) tahun setelah gelar mereka untuk mengikuti ujian lisensi di UEA. Relaksasi ini akan menarik talenta muda dan berkualitas ke UEA dan akan menjadi pendorong moral bagi mahasiswa keperawatan dari berbagai negara.

Khusus utuk perawat yang teregistrasi dari Amerika, Kanada, Inggris, Irlandia, Afrika Selatan, Selandia Baru dan Australia juga tidak perlu surat pengalaman kerja 2 tahun. Indonesia tidak termasuk di list negara yang punya kualitas tinggi Pendidikan keperawatannya.

Menurut bagian ‘persyaratan dan pertimbangan’ dari pembaruan baru, perawat harus lulusan dari perguruan tinggi atau universitas keperawatan yang diakui secara nasional dan/atau internasional. Untuk lulusan UEA, program dan universitas harus diakreditasi oleh Kementerian Pendidikan.

Kabar baik untuk teknisi, teknolog

Teknisi dan teknolog laboratorium medis juga tidak perlu memiliki pengalaman apa pun untuk mengajukan izin di UEA.

Seorang teknisi harus memiliki ijazah atau sertifikat dari program terakreditasi atau yang setara, yaitu, durasi kursus minimal dua tahun atau sarjana di bidang bioteknologi yang memberikan kualifikasi yang mencakup mata pelajaran laboratorium medis dan pelatihan klinis.

Baca juga :  SURAT TERBUKA UNTUK INDONESIAN MALE NURSE

Sedangkan seorang teknolog harus memiliki gelar Bachelor of Science di bidang teknologi laboratorium medik/ilmu laboratorium medik atau ilmu biomedis.

Imam Handoko Kurniawan S. Kep., RN

Healthcare | Vlogger| Chairman of Indonesian Nurses Association of Uni Emirate Arab (UAE) | Founder www.imamhk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DSA NEWS UPDATE!Subcribe untuk informasi terbaru

Update informasi Anda bersama Devisa Saudi Arabia (DSA)