Berita InternasionalKabar Saudi

GCC berkomitmen 100 juta dolar AS untuk bantuan kemanusiaan mendesak di Gaza

Dewan Menteri Dewan Kerjasama Negara-Negara Teluk (GCC) telah mengumumkan kontribusi keuangan segera sebesar $100 juta untuk operasi bantuan kemanusiaan yang cepat dan vital di Gaza.

Komitmen ini disampaikan dalam pertemuan luar biasa ke-43 yang diadakan pada hari Selasa di Muscat.

Dewan menegaskan kembali dukungannya yang teguh terhadap inisiatif bersama yang diusulkan oleh Arab Saudi, Uni Eropa, dan Liga Negara-negara Arab untuk menghidupkan kembali proses perdamaian Timur Tengah, bekerja sama dengan Mesir dan Yordania.

Menegaskan posisinya dalam mengakhiri pendudukan ilegal Israel di Wilayah Palestina, Dewan menyatakan dukungan kuat bagi hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri.

Mereka mengadvokasi pendirian negara Palestina yang merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Pertemuan dimulai dengan ungkapan terima kasih kepada Sultan Haitham Bin Tareq atas kesempatan yang diberikan kepada para menteri luar negeri dan Sekretaris Jenderal GCC.

Fokus utama dari diskusi tersebut adalah meningkatnya kekerasan dan pengeboman ilegal di Jalur Gaza, yang mendorong sikap terpadu dari para menteri.

Dewan mendesak agar segera dilakukan gencatan senjata, menuntut diakhirinya operasi militer Israel di Gaza.

Mereka menekankan perlunya mencabut blokade ilegal, sehingga memungkinkan akses tanpa batas untuk bantuan kemanusiaan, pasokan bantuan, dan kebutuhan dasar.

Pemulihan layanan penting seperti listrik, air, dan pengiriman bahan bakar, makanan, dan obat-obatan kepada penduduk Gaza sangat ditekankan.

Selain itu, Dewan menyatakan dukungan yang tak tergoyahkan untuk ketahanan rakyat Palestina di tanah air mereka, memperingatkan terhadap setiap upaya untuk memindahkan atau memindahkan mereka.

Semua pihak yang terlibat diminta untuk melindungi warga sipil, menahan diri untuk tidak menargetkan mereka, dan secara ketat mematuhi hukum internasional dan prinsip-prinsip kemanusiaan.

Pembebasan sandera dan tahanan yang tidak bersalah, terutama kelompok-kelompok rentan seperti perempuan, anak-anak, orang sakit, dan orang tua, ditekankan. Dewan mengadvokasi perlindungan internasional bagi rakyat Palestina.

Lebih lanjut, Dewan mendesak komunitas global untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam batas-batas hukum internasional dalam menanggapi tindakan ilegal Israel, termasuk kebijakan hukuman kolektif terhadap penduduk sipil Gaza.

Pertemuan diakhiri dengan seruan kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang mendesak pelaksanaan resolusi-resolusi sebelumnya dan adopsi resolusi-resolusi baru untuk memastikan kepatuhan Israel terhadap hukum internasional.

Dewan dengan tegas menolak rencana atau niat Israel untuk menginvasi Gaza atau menggusur penduduk Palestina.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!