Berita InternasionalKabar SaudiSaudi SportSports

Lamya Al-Nahdi, Wasit Internasional Arab Saudi Pertama dalam Sejarah Bola Basket

Bagi sebagian besar remaja, memilih olahraga yang akan dimainkan di sekolah bergantung pada minat dan kecintaan pada permainan tertentu; bagi yang lain, memilih adalah keputusan yang sulit. Bagi Lamya Al-Nahdi, memilih untuk bermain basket bukanlah sesuatu yang ia inginkan, karena ia telah memainkan beberapa olahraga yang berbeda, tetapi basket adalah yang paling ia sukai.

“Saya telah bermain basket sejak berusia 13 tahun; ini adalah salah satu olahraga unik yang mengandalkan kecepatan, kecerdasan, dan kerja sama tim. Ketiga elemen tersebut benar-benar menarik perhatian saya pada olahraga yang indah ini,” kata Al-Nahdi.

Lamya Al Nahdi, is the first Saudi international referee in the history of basketball in the Kingdom

“Bola basket tidak hanya tentang menjadi sehat dan sporty dan semua itu, tetapi juga memberi Anda begitu banyak nilai dalam hal kerja sama tim, dalam hal pengambilan keputusan di lapangan, jauh lebih dari sekadar olahraga,” katanya.

Setelah lebih dari sepuluh tahun mengabdikan diri pada olahraga ini, Al-Nahdi telah diakreditasi sebagai wasit internasional Saudi pertama dalam sejarah bola basket di Kerajaan, setelah lulus ujian untuk menjadi wasit bola basket internasional yang ditetapkan oleh federasi bola basket internasional FIBA.

FIBA juga mengakreditasi tiga wasit bola basket internasional Saudi lainnya: Ahmed Hassan Al-Khamis, Abdullah Marzouq Al-Hujaili dan Razen Ahmed Al-Awfi. Akreditasi ketiga wasit Arab Saudi ini setelah mereka berhasil lulus ujian teori dan praktik FIBA.

“Saya harus melalui banyak persiapan dan pelatihan bola basket di lapangan, dan juga dengan undang-undang dan hukum,” kata Al-Nahdi.

Al-Nahdi mengatakan bahwa menjadi wasit bola basket internasional pertama dari Arab Saudi merupakan sebuah kehormatan sekaligus tanggung jawab yang besar.

“Saya tidak hanya mewakili diri saya sendiri, tetapi juga mewakili olahraga yang indah yang saya mainkan selama lebih dari sepuluh tahun, jadi ini mewakili kecintaan dan semangat untuk olahraga tersebut,” ujarnya.

“Dan itu juga mewakili negara saya, agama, dan banyak nilai yang saya bawa.”

Sambil bermain bola basket, Al-Nahdi lulus dari Universitas Dar Al-Hekma dengan gelar manajemen sumber daya manusia. Setelah lulus, Al-Nahdi bekerja di bidang sumber daya manusia selama lima tahun sebelum bergabung dengan bisnis keluarganya sebagai manajer pengembangan bisnis Blooming, merek pakaian wanita yang didirikan oleh wanita Saudi.

Al-Nahdi diakreditasi sebagai wasit Internasional Saudi pertama dalam bola basket mengikuti upaya yang dilakukan oleh Federasi Olahraga Saudi untuk memberdayakan wanita Saudi di sektor olahraga, khususnya wasit wanita Saudi, dan untuk mendukung wanita Saudi di tingkat lokal dan internasional.

“Sekarang adalah waktunya untuk melakukan apa saja, terutama di industri olahraga Saudi, dengan sistem pendukung yang kami miliki,” kata Al-Nahdi.

“Saya menyukai fokus pada perempuan yang bermain olahraga, khususnya bola basket,” katanya. “Saya yakin ini adalah olahraga nomor satu dalam hal olahraga wanita, mendapatkan banyak perhatian di kalangan wanita Saudi dibandingkan dengan olahraga lainnya.”

Mendorong perempuan untuk berolahraga dan menyediakan peluang kerja di beberapa bidang olahraga, termasuk sepak bola dan bola basket, telah memungkinkan perempuan Arab Saudi untuk berprestasi di bidang olahraga profesional dan rekreasi.

“Pada tahun-tahun awal saya bermain bola basket, kami sebenarnya melakukannya secara sembunyi-sembunyi, tetapi tidak ada yang tahu tentang kami saat itu, dibandingkan dengan perhatian, dukungan, dan jumlah pelatih bola basket yang tersedia untuk melatih wanita Saudi,” kata Al-Nahdi.

“Sekarang adalah waktunya. Struktur dukungan sudah ada, yang perlu Anda lakukan adalah percaya pada diri sendiri dan bekerja keras untuk mencapai tujuan Anda.”

Al-Nahdi mengatakan bahwa percaya pada diri sendiri adalah langkah pertama dan terpenting dalam mencapai sesuatu, yang kedua adalah mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung untuk membantu Anda di sepanjang jalan.

Pengangkatannya sebagai wasit internasional pertama dari Arab Saudi untuk bola basket disambut dengan antusias.

Kedutaan Besar Arab Saudi di AS mencuit: “@FIBA telah menyetujui Lamia Fawzi Al-Nahdi sebagai wasit internasional Saudi pertama dalam sejarah bola basket Saudi. Ini adalah hasil dari upaya @sbfksa untuk memberdayakan wasit wanita Saudi dan mendukung mereka secara lokal dan internasional.”

Wasit internasional wanita pertama Arab Saudi untuk sepak bola ditunjuk oleh FIFA pada bulan Januari tahun ini, ketika Anoud Al-Asmari dianugerahi lencana internasional, kurang dari setahun setelah tim nasional wanita Kerajaan melakukan debut.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!