Berita InternasionalKabar Saudi

Langit Arab Saudi diterangi bulan Biru Raksasa

Arab Saudi dan dunia Arab menyaksikan bulan purnama ketiga yang signifikan tahun ini pada hari Rabu, 30 Agustus.

Fenomena bulan yang langka ini disebut sebagai “bulan biru”. Terlepas dari namanya, warna bulan tetap tidak berubah.

Menurut Majed Abu Zahra, kepala Jeddah Astronomical Society, kebanyakan bulan biasanya hanya memiliki satu bulan purnama dalam kalender matahari.

Namun, bulan Agustus memiliki dua bulan purnama, yang mengarah ke fenomena bulan biru.

Kejadian ini terjadi kira-kira setiap dua setengah tahun sekali ketika bulan purnama jatuh pada jam-jam awal bulan.

Abu Zahra mengatakan bahwa bulan biru raksasa akan terbit di tenggara saat matahari terbenam, kemungkinan tampak oranye karena debu di atmosfer.

Setelah terbit, bulan ini akan kembali ke rona putih keperakan dan bergabung dengan Saturnus sebagai titik keemasan yang terang di langit malam. Pasangan ini akan terus berlangsung sampai matahari terbit pada hari Kamis.

Abu Zahra menambahkan bahwa bulan biru raksasa akan berukuran 7 persen lebih besar dan 15 persen lebih terang daripada bulan purnama biasa, tapi perbedaan ini mungkin tidak akan terlihat oleh sebagian besar orang karena sifatnya yang tidak kentara dan potensi gangguan seperti awan dan lampu-lampu kota.

Selain itu, saat berada di langit, tidak ada referensi eksplisit untuk melihat ukurannya.

Dia mengatakan bahwa bulan akan mencapai kepenuhannya pada pukul 4:35 pagi waktu Makkah pada hari Kamis.

Pengaruh bulan raksasa itu akan terbatas dan tidak akan secara signifikan mempengaruhi keseimbangan energi internal Bumi, yang berkontribusi pada pasang surutnya air laut.

Fase bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk mengamati kawah-kawah yang menonjol di permukaan bulan, dan sering kali para astronom secara aktif berusaha untuk menentukan fitur-fiturnya.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!