Berita InternasionalGo To SaudiKabar Saudi

Makkah perbaiki jalur ke Gua Hira demi keamanan dan aksesibilitas

Tahap pertama dari perombakan jalur Gua Hira telah diresmikan di Mekkah, yang mencakup peningkatan akses bagi pejalan kaki dan kendaraan.

Perwakilan dari Distrik Budaya Hira di Makkah mengumumkan tahap awal dari proyek transformatif tersebut baru-baru ini.

Gua Hira adalah situs religius tempat ayat-ayat pertama Al Qur’an diturunkan, dan sangat penting bagi umat Islam.

Proyek ini selaras dengan visi yang lebih luas dari Visi Saudi 2030, yang berfokus pada penyediaan pengalaman yang mendalam dan edukatif bagi para jemaah umrah dan haji, serta pengunjung.

Pendakian beraspal ke gua, dimulai dari kaki Gunung Hira, menawarkan perbedaan dari jalur tradisional yang sulit karena jalur ini memastikan pengalaman yang bertahap dan menarik secara visual.

Fawaz Al-Mehrij, CEO Samaya Investment Co, pengembang dan operator Distrik Budaya Hira, mengatakan bahwa pengembangan lebih lanjut akan menyusul.

Al-Mehrij mengatakan bahwa fitur-fitur baru yang telah disempurnakan mencakup jalur yang diterangi, kamera pengintai dan pusat panduan, semuanya tanpa mengganggu akses ke jalur yang lama.

Untuk keamanan, pembatas telah ditempatkan di sepanjang bahu jalan. Jalur baru ini terdiri dari satu bagian untuk kendaraan yang mengangkut pengunjung ke titik yang telah ditentukan. Bagian lain memungkinkan akses berjalan kaki ke Gua Hira dalam waktu 15 menit. Ada satu lagi jalur beraspal yang lebih panjang untuk pejalan kaki, yang memakan waktu 40 menit.

Al-Mehrij menggarisbawahi kekurangan keamanan dari jalur lama dengan tangga-tangga yang melelahkan. Proyek yang sedang berlangsung ini meningkatkan aksesibilitas dan mencakup kios-kios layanan yang melayani beragam kebutuhan pengunjung selama pendakian, tambahnya.

Meskipun jalan ini belum selesai, kemajuannya sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Tahapan selanjutnya dalam beberapa bulan mendatang diharapkan dapat mewujudkan keseluruhan proyek ini, katanya.

Al-Mehrij mengatakan bahwa uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa jalur baru ini akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung. Dan ada juga kendaraan darurat yang ditempatkan di sepanjang jalan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan perawatan kesehatan.

Distrik Budaya Hira memiliki museum dan pameran dalam berbagai bahasa. Tempat ini diawasi oleh Komisi Kerajaan untuk Kota Suci Makkah dan Tempat-tempat Suci.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!