Pearson VUE sebagai Pengganti Prometric Test?

Ujian prometric tak lagi menjadi provider ujian kompetensi bagi tenaga kesehatan BIDAN di Arab Saudi, namun Saudi Council for Health Specialities (SCFHS) telah beralih ke Pearson VUE. Sistem ini sebetulnya telah dimulai sejak tahun 2020 lalu, namun diantara kita masih banyak yang belum mengetahui tentang provider ini dan hanya mengetahui bahwa semua tenaga kesehatan hanya ujian di Prometric.

Pearson VUE adalah perusahaan sertifikasi dan licensing global dimana menyelenggarakan tes untuk berbagai disiplin ilmu, mulai dari kemiliteran hingga tenaga kesehatan. Perusahaan ini telah memiliki 5.000 kantor Test Center pada lebih dari 180 negara. Dengan SDM sebanyak 4.500 orang, Pearson VUE telah berhasil menyelenggarakan tes ke dalam 48 bahasa dengan rata-rata sebanyak 16 juta exam secara tahunan.

Perusahaan yang didirikan oleh E Clarke Porter pada tahun 1994 ini merupakan Virtual University Enterprises dimana dalam pelaksanaannya menggunakan sistem Tes Berbasis Komputer (Computer-Based Test / CBT). Ia memiliki 2 visi perusahaan :

  1. Lini bisnis global : Fokus pada sekolah, perguruan tinggi dan area profesional (termasuk textbook dan teknologi digital untuk siswa dan guru)
  2. Geografikal : Fokus pada pasar Amerika Utara dan perkembangan ekonominya

Apa perbedaan Antara Prometric dan Pearson Vue?

Pearson VUE dan Prometric secara fungsional identik dalam hal -pengalaman mengerjakan tes. Dua poin utama yang harus dipertimbangkan seorang kandidat sehubungan dengan pencatat adalah sebagai berikut:

  1. Apakah vendor teknologi informatika (IT Technology) membatasi pendaftaran ke pencatat tertentu
  2. Mana register yang paling nyaman secara geografis bagi kandidat

Misalnya, CISCO (Technology Company) memiliki kemitraan eksklusif dengan Pearson VUE dan mengharuskan semua kandidat sertifikasinya menjadwalkan ujian mereka melalui Pearson VUE. Sebaliknya, Saudi Council for Health Specialities (SCFHS) dan Prometric memiliki kemitraan yang menetapkan bahwa semua kandidat Profesional Bersertifikat SCFHS menjadwalkan ujian mereka melalui Prometric.

Terakhir, CompTIA memungkinkan kandidat sertifikasi untuk menjadwalkan ujian mereka melalui Pearson VUE atau Prometric.

Tidak ada pusat pengujian Pearson VUE atau Prometric “Mandiri”. Secara umum, Anda dapat menemukan pusat test Pearson VUE atau Prometric di dalam kantor pusat pelatihan teknologi, seperti New Horizons, ExecuTrain, dan sebagainya. Anda juga dapat mencari pusat pelatihan resmi terdekat dari situs web saat Anda mendaftar untuk ujian sertifikasi.

INFO PENTING!

Anda akan diminta untuk menunjukkan hard copy dokumen identitas berfoto resmi (ID Card) yang dikeluarkan pemerintah dan bertanda tangan. Jika Anda mengambil ujian di luar negara kewarganegaraan Anda, Anda harus menunjukkan paspor yang masih berlaku.

Jika Anda melakukan tes di negara kewarganegaraan Anda, Anda harus menunjukkan salinan cetak yang valid dari salah satu dari berikut ini: paspor, SIM, ID nasional/tempat tinggal, atau ID militer.

Saudi Council for Health Specialities (SCFHS) bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengevaluasi program pelatihan, serta menetapkan kontrol dan standar untuk praktik profesi kesehatan. SCFHS melaksanakan tugasnya melalui dewan dan komite pengawas, eksekutif dan spesialis yang kompeten. Sampai saat ini, jumlah program yang diadopsi lebih dari 37 program.

Baca juga :  Dokumen Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Bekerja di Arab Saudi?

Berbasis di Riyadh, SCFHS didirikan dengan Keputusan Kerajaan Arab Saudi No. M/2, tanggal 6/2/1413 H. SCFHS adalah Komisi ilmiah yang memiliki badan hukum, dan kantor pusatnya terletak di Diplomatic Quarter, Riyadh, dengan beberapa cabang di seluruh Kerajaan.

Pendaftaran dan Penjadwalan (Registration and Scheduling)

  1. Log in ke akun Anda Pearson VUE Web Account
  2. Anda harus memenuhi semua kriteria kelayakan untuk spesialisasi Anda agar aplikasi Anda di-approve
  3. Jadwalkan tanggal ujian Anda KLIK DISINI
  4. Anda akan menerima booking confirmation melalui email dalam waktu 48 jam untuk tanggal dan lokasi Anda akan mengikuti ujian.
  5. Cetak booking confirmation Anda dan bawa ke Test Center

Perhatian: Pastikan untuk memeriksa folder spam dan email sampah Anda karena mungkin saja calon korespondensi dari Pearson VUE dapat secara otomatis masuk ke salah satu folder ini. Semua korespondensi dari Pearson VUE akan diakhiri dengan “@pearson.com.”

Bagaimana Mendapatkan Bantuan Pearson Vue?

Pearson Support tersedia untuk 24 jam menggunakan email atau chat online. Anda mengakses dukungan teknis di https://support.pearson.com/getsupport

Bagaimana Cara Menghubungi Pearson VUE di Arab Saudi?

Jika Anda tidak menerima booking confirmation dalam waktu 48 jam atau jika ada informasi yang salah, harap segera hubungi Pearson VUE: Dari Arab Saudi di 800 844 3692 dan internasional di 00442036845573 antara 08:30 dan 17:00 waktu UEA, Minggu hingga Kamis, tidak termasuk Jumat, Sabtu dan Hari Libur UEA, atau melalui email KLIK DISINI

Bagaimana Cara Melihat Hasil Ujian Pearson Vue?

Kandidat yang telah menyelesakan ujian dengan Pearsin VUE akan menerima Score Report Completion. Untuk melihat hasil tersebut, silahka log in ke Pearson VUE adan klik “View Score Reports” di dalam akun Anda


Reference :
Pearson VUE (2022) Saudi Commission for Health Specialties (SCFHS) Certification Testing. Retrieved from Pearson VUE for SCFHS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DSA NEWS UPDATE!Subcribe untuk informasi terbaru

Update informasi Anda bersama Devisa Saudi Arabia (DSA)