Berita InternasionalKabar Saudi

Pembukaan bersejarah Lucid Group: Pabrik mobil perdana di Arab Saudi diresmikan

Dalam sebuah terobosan baru bagi industri otomotif, Lucid Group secara resmi membuka fasilitas manufaktur mobil pertama di Arab Saudi pada hari Rabu.

Para pejabat Arab Saudi berfoto bersama tim teknis Lucid di pabrik baru.

Tonggak sejarah ini menandai debut Advanced Manufacturing Plant (AMP-2) kedua Lucid dan lokasi produksi internasional perdananya, yang siap untuk memproduksi kendaraan listrik mutakhir untuk pasar Arab Saudi dan sekitarnya.

Peter Rawlinson, CEO dan CTO Lucid, mengungkapkan status produksi awal fasilitas tersebut. “Produksi di sini sudah dimulai. Sekarang kami memiliki kemampuan pemasangan total, kapasitas hingga 5.000 unit per tahun, dan ini ada di pabrik AMP 2 kami,” katanya kepada Saudi Gazette.

Namun, Rawlinson mengungkapkan rencana yang lebih ambisius untuk waktu dekat, dengan mengatakan, “Tetapi fase yang benar-benar menarik akan datang dalam waktu tiga tahun dari sekarang ketika kami membangun gedung yang jauh lebih besar dari ini di samping fasilitas ini.”

Ekspansi ini diproyeksikan memiliki kapasitas yang mengejutkan “30 kali lipat dari 150.000 unit per tahun,” bertepatan dengan peluncuran platform menengah Lucid, yang bertujuan untuk menawarkan mobil listrik yang lebih terjangkau kepada masyarakat.

Rawlinson juga mengungkapkan komitmen Lucid untuk mendapatkan lebih banyak bahan baku secara lokal. “Kami berharap dapat memasok lebih banyak bahan dari Inggris di masa depan.”

Saat ini, pabrik merakit kit yang diimpor dari pabrik utama Lucid di Arizona.

Rawlinson mengumumkan bahwa “Pelanggan sedang menerima pengiriman kendaraan Lucid yang dirakit di Saudi saat kami berbicara,” yang menandakan lompatan yang signifikan untuk jangkauan perusahaan.

Dia mengatakan: “Kami sangat senang dapat membuat sejarah hari ini di Arab Saudi dengan membuka fasilitas manufaktur mobil pertama di negara ini, yang akan memproduksi kendaraan listrik kami yang telah memenangkan penghargaan dan mendukung visi negara ini untuk ekonomi yang lebih berkelanjutan dan beragam.”

Rawlinson menekankan keselarasan dengan Visi 2030 Arab Saudi, menyoroti peran fasilitas tersebut dalam memajukan industri otomotif listrik di negara tersebut, perluasan rantai pasokan, dan pengembangan bakat lokal di sektor teknologi.

Fasilitas AMP-2 telah memulai perakitan semi knocked-down (SKD), merakit ulang ‘kit’ kendaraan Lucid Air yang telah diproduksi sebelumnya di Fasilitas Manufaktur AMP-1 perusahaan di Casa Grande, Arizona.

Lucid bertujuan untuk mengalihkan AMP-2 ke produksi unit rakitan lengkap (CBU) setelah pertengahan dekade ini.

Menteri Investasi Khalid Al-Falih mengatakan bahwa ini bukan pabrik biasa. “Ini adalah sebuah pernyataan, sebuah pernyataan yang menyoroti ambisi, kemampuan, dan dedikasi tegas Kerajaan Arab Saudi untuk masa depan kita yang ramah lingkungan, menarik, dan inovatif.”

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!