Berita InternasionalKabar Saudi

Pemerintah Saudi memberdayakan 35.000 penerima manfaat jaminan sosial awal tahun 2023

Program Tamkeen untuk penerima manfaat jaminan sosial telah melampaui batas target dengan memungkinkan lebih dari 29.000 orang untuk bergabung dengan jalur kerja selama paruh pertama tahun 2023.

Batas yang ditargetkan selama paruh pertama tahun 2030 untuk program Tamkeen, yang dilaksanakan oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial (MHRSD), adalah memungkinkan 27.000 penerima manfaat untuk bergabung dengan jalur pekerjaan.

Tamkeen dianggap sebagai salah satu program yang disediakan oleh Badan Asuransi dan Pemberdayaan Sosial, melalui sekelompok layanan yang disediakan melalui kemitraan MHRSD yang memastikan pekerjaan dan peluang pelatihan.

Program ini juga menyediakan layanan pendukung untuk proyek-proyek kewirausahaan dan produktif, dengan tujuan meningkatkan kondisi kehidupan dan ekonomi para penerima manfaat dan menjadikan mereka sebagai produsen dan mandiri secara finansial, melalui 3 jalur utama.

Ketiga jalur tersebut adalah: jalur ketenagakerjaan yang menyediakan kesempatan kerja dan pelatihan, yang dapat dimanfaatkan dengan mendaftar di platform Nitaqat yang berafiliasi dengan Dana Pengembangan Sumber Daya Manusia (HADAF), atau melalui platform ketenagakerjaan yang telah disetujui, di samping forum-forum pekerjaan yang diadakan di berbagai wilayah di Arab Saudi.

Jalur kedua memberdayakan bisnis dan berkontribusi dalam menyediakan program dukungan keuangan dan non-keuangan, dan pelatihan bagi penerima manfaat untuk memajukan pekerjaan kewirausahaan atau proyek produktif mereka, selain memberi mereka saran dan membantu dalam pengembangan studi kelayakan melalui para spesialis dan ahli.

Jalur ketiga adalah jalur rehabilitasi, yang bertujuan untuk menyediakan program dan layanan rehabilitasi bagi penerima manfaat yang memiliki kemampuan untuk rehabilitasi, termasuk rehabilitasi kesehatan, psikologis, dan sosial.

Lebih dari 29.000 orang telah diberdayakan di jalur ketenagakerjaan, hal ini bersamaan dengan itu MHRSD telah memberdayakan lebih dari 6.000 penerima manfaat di berbagai wilayah di Arab Saudi di jalur ekonomi.

MHRSD telah bekerja untuk menyediakan paket insentif yang memungkinkan para penerima manfaat untuk memulai proyek mereka sendiri, dan melalui upaya Badan Asuransi dan Pemberdayaan Sosial untuk menemukan hubungan yang saling melengkapi antara sistem tenaga kerja dan pembangunan sosial dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

MHRSD juga telah bekerja sama dengan Bank Pembangunan Sosial dengan mengadakan beberapa pertemuan dan lokakarya yang menghasilkan pemberian pinjaman lunak bagi para penerima manfaat untuk memberdayakan mereka dalam memulai proyek dan investasi di pasar tenaga kerja.

Kegiatan program Tamkeen beragam selama paruh pertama tahun 2023, dengan MHRSD mengadakan lebih dari 650 kursus pelatihan dan lokakarya yang diadakan di kantor-kantor jaminan sosial di berbagai wilayah di Arab Saudi.

Program-program tersebut menggunakan bahasa Inggris; dasar-dasar keamanan siber; dasar-dasar pekerja lepas; desain grafis; pemasaran dan transformasi digital; desain dan manajemen produk; kesadaran finansial dan banyak lagi.

MHRSD juga telah menandatangani lebih dari 250 Nota Kesepahaman (MoU) di berbagai wilayah di Kerajaan, serta kerja sama strategis dan regional serta perjanjian kemitraan untuk melayani para penerima manfaat jaminan sosial dalam memberdayakan mereka di pasar tenaga kerja.

Dalam rangka menciptakan titik temu antara pemilik bisnis dan penerima manfaat jaminan sosial yang mampu bekerja, MHRSD telah mengadakan, di seluruh wilayah Arab Saudi, lebih dari 100 forum untuk pemberdayaan, di mana beberapa sektor berpartisipasi seperti pendirian sektor swasta yang menawarkan sejumlah pekerjaan dan peluang pelatihan di pasar tenaga kerja.

Patut dicatat bahwa Pasal 19 Undang-Undang Jaminan Sosial menetapkan bahwa MHRSD, bekerja sama dengan HADAF dan otoritas terkait, harus menyiapkan rencana rehabilitasi untuk setiap penerima manfaat yang memenuhi syarat sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh peraturan dalam hal usia, kualifikasi, kebugaran medis, dan sejenisnya, di samping menyediakan layanan pencarian kerja untuk setiap penerima manfaat yang mampu bekerja.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!