Berita InternasionalKabar Saudi

Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi dan peraturan eksekutifnya mulai berlaku

eraturan Perlindungan Data Pribadi (PDPL) yang telah diamandemen mulai berlaku pada hari Kamis, 14 September di Arab Saudi.

Kerajaan telah memberlakukan undang-undang tersebut pada 16 September 2021, melalui dekrit kerajaan, dengan tenggang waktu 720 hari untuk penerapannya setelah penerbitan undang-undang asli dalam lembaran negara. Lima amandemen dibuat dalam undang-undang tersebut melalui dekrit kerajaan lainnya yang dikeluarkan pada 27 Maret 2023. Otoritas Data & Kecerdasan Buatan Arab Saudi (SDAIA) menerbitkan Peraturan Eksekutif undang-undang tersebut pada 7 September 2023, satu minggu sebelum PDPL mulai berlaku pada 14 September.

Berbicara kepada Okaz/Saudi Gazette, para ahli hukum menunjukkan bahwa ini adalah undang-undang perlindungan data komprehensif pertama di Arab Saudi yang bertujuan untuk melindungi privasi individu dengan mengatur pengumpulan, pemrosesan, pengungkapan, dan pelestarian data. Mereka mencatat bahwa undang-undang tersebut memberikan kerangka kerja terperinci tentang standar pemrosesan, hak-hak subjek data, kewajiban badan-badan terkait saat memproses, serta kedaulatan data, dan hukuman jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuan undang-undang.

Menurut undang-undang, data pribadi didefinisikan sebagai setiap data – dari sumber atau bentuk apa pun – yang dapat mengarah pada identifikasi individu secara khusus atau memungkinkan untuk mengidentifikasinya secara langsung atau tidak langsung, termasuk: nama, nomor identifikasi pribadi, tanggal lahir, alamat, nomor kontak, nomor lisensi, catatan, properti pribadi, nomor rekening bank dan kartu kredit, gambar tetap atau gambar bergerak dari individu, dan data lain yang bersifat pribadi.

PDPL mendefinisikan data sensitif sebagai data pribadi yang mencakup referensi ke asal ras atau etnis seseorang, atau keyakinan agama, intelektual atau politik, serta data kriminal dan keamanan, biometrik, data genetik, data kredit, data kesehatan, dan data yang mengindikasikan bahwa salah satu atau kedua orang tua individu tersebut tidak diketahui.

Undang-undang menafsirkan data genetik sebagai setiap pernyataan pribadi yang terkait dengan karakteristik genetik atau karakteristik yang didapat dari seseorang, yang secara unik mengidentifikasi karakteristik fisiologis atau kesehatan orang tersebut, dan diekstraksi dari analisis sampel biologis orang tersebut, seperti analisis DNA atau analisis sampel lain yang mengarah pada ekstraksi data genetik. Menurut undang-undang, data kesehatan berarti setiap pernyataan pribadi yang terkait dengan kondisi kesehatan seseorang, baik fisik, mental, psikologis, atau yang terkait dengan layanan kesehatannya.

Baca juga :  Kulihat Tempatku di Surga

Pasal 10 undang-undang tersebut menetapkan bahwa otoritas pengendali hanya dapat mengumpulkan data pribadi secara langsung dari pemiliknya, dan data tersebut hanya dapat diproses untuk mencapai tujuan pengumpulannya.

Pasal 13 Peraturan Eksekutif mewajibkan wali hukum dari data orang yang tidak lengkap atau tidak mampu untuk bertindak demi kepentingan terbaik data orang tersebut, Pasal 16 undang-undang menganggap pengungkapan operasi penipuan dan melindungi jaringan dan keamanan informasi adalah salah satu kepentingan yang sah di mana badan pengendali memiliki hak untuk memproses dan mendapatkan data pribadi. Pasal 15 undang-undang merinci keadaan di mana otoritas pengendali dapat mengungkapkan data pribadi.

Peraturan eksekutif juga menetapkan keadaan yang memungkinkan transfer data pribadi di luar Kerajaan, dengan menentukan kontrol, dan prosedur dalam hal ini. Pasal 36 undang-undang memberikan yurisdiksi untuk mempertimbangkan pelanggaran dan menjatuhkan hukuman yang diatur dalam undang-undang jika terjadi pelanggaran ketentuan undang-undang dan peraturan eksekutifnya dengan merujuk pada komite yang dibentuk oleh keputusan kepala otoritas yang berwenang

DSA

User Avatar

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *