Berita InternasionalKabar SaudiSaudi SportSports

Arab Saudi umumkan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034

Arab Saudi telah secara resmi mengumumkan niatnya untuk mengajukan tawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034, sebuah inisiatif penting yang dipimpin oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF).

Tawaran ini bertujuan untuk menyelenggarakan turnamen kelas dunia, menarik inspirasi dari transformasi sosial dan ekonomi yang sedang berlangsung di negara ini dan hasratnya yang besar terhadap sepak bola.

Didukung oleh pengalaman Arab Saudi yang terus berkembang dalam menyelenggarakan acara sepak bola papan atas, tawaran ini sejalan dengan rencana negara ini untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Klub FIFA 2023 dan Piala Asia AFC 2027, yang menunjukkan komitmennya terhadap keunggulan olahraga global.

Berkaca dari tawaran tersebut, Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed Bin Salman menekankan bahwa keputusan Arab Saudi untuk bersaing dalam Piala Dunia FIFA 2034 menandakan kemajuan negara di semua sektor.

Kerajaan, yang dengan cepat muncul sebagai pusat acara internasional terkemuka, membanggakan warisan budaya yang kaya, kekuatan ekonomi, dan ambisi rakyatnya.

Dengan olahraga yang memainkan peran penting dalam Visi 2030 – sebuah rencana transformasi yang komprehensif – Arab Saudi bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup.

Upaya ini bertujuan untuk menyatukan budaya yang beragam melalui sepak bola, memberikan pengalaman tak tertandingi yang membawa kegembiraan bagi para penggemar di seluruh dunia.

Arab Saudi, yang terkenal sebagai tuan rumah lebih dari 50 acara internasional sejak 2018, telah menjadi tujuan global bagi para atlet pria dan wanita di seluruh cabang sepak bola, olahraga motor, tenis, berkuda, olahraga, dan golf.

Setelah lolos ke Piala Dunia FIFA sebanyak enam kali, terakhir pada tahun 2022, Green Falcons meraih kemenangan bersejarah atas juara bertahan Argentina dalam pertandingan grup mereka.

Pangeran Abdulaziz Bin Turki Al Faisal, menteri olahraga dan presiden Komite Olimpiade dan Paralimpiade Arab Saudi, menyatakan pentingnya tawaran tersebut, dengan menyatakan, “Menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2034 akan membantu kami mencapai impian kami untuk menjadi negara terdepan dalam olahraga dunia dan akan menandai tonggak sejarah yang signifikan dalam transformasi negara ini.”

Yasser Al Misehal, presiden SAFF, menyoroti motivasi penawaran ini, dengan mengatakan, “Kami percaya bahwa ini adalah waktu yang tepat bagi Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA. Tawaran kami didorong oleh kecintaan terhadap permainan dan keinginan untuk melihatnya tumbuh di setiap sudut dunia.”

Ketika Piala Dunia FIFA berkembang menjadi turnamen 48 tim mulai tahun 2026 dan seterusnya, Arab Saudi berencana untuk menjadi tuan rumah semua pertandingan di dalam Kerajaan, merampingkan logistik, mengoptimalkan penjadwalan, dan menawarkan pengalaman penggemar yang unik di berbagai tempat dan kota.

Dengan lebih dari 70% populasinya berusia di bawah 35 tahun, Arab Saudi, sebuah negara yang muda dan bersemangat, merupakan rumah bagi salah satu liga sepak bola terkuat di Asia, Saudi Pro League (SPL).

Liga ini, yang menampilkan pemain-pemain berbakat Arab Saudi dan pemain bintang internasional, menyambut para penggemar dari seluruh dunia.

Komitmen SAFF untuk berinvestasi dan mengembangkan sepak bola terbukti melalui pencapaian penting dalam sepak bola usia muda, peningkatan sumber daya pembinaan, dan pertumbuhan substansial dalam pemain pria dan wanita yang terdaftar.

Permainan wanita telah mengalami kemajuan yang luar biasa, dengan dibentuknya tim nasional senior dan U-17, liga profesional, dan liga putri sekolah.

Tawaran Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 merupakan langkah berani untuk membentuk masa depan sepak bola, yang didorong oleh komitmen kepemimpinan untuk memajukan negara dan menciptakan peluang baru di seluruh ekosistem sepak bola.

Dalam sebuah reaksi cepat, Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Shaikh Salman Al Khalifa, menyatakan dukungan penuhnya terhadap niat Arab Saudi untuk mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah yang didambakan.

Menyambut pengumuman SAFF untuk mengajukan penawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034, presiden AFC mengatakan: “Saya senang mengetahui bahwa SAFF telah menyampaikan niat mereka untuk mengajukan penawaran untuk Piala Dunia FIFA pada tahun 2034.

“Seluruh keluarga sepak bola Asia akan bersatu untuk mendukung inisiatif penting Arab Saudi, dan kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan keluarga sepak bola global untuk memastikan keberhasilannya.”

“Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Asia AFC pada tahun 2027 dan ini akan menjadi yang pertama bagi mereka.

“Kami memiliki keyakinan penuh bahwa SAFF akan menyelenggarakan Piala Asia AFC yang luar biasa, dan membawa keyakinan yang sama untuk menyelenggarakan Piala Dunia FIFA yang tak terlupakan, menawarkan kesempatan yang sangat baik bagi para penggemar sepak bola dari seluruh dunia untuk merasakan perayaan yang unik dan spektakuler dari permainan yang indah ini.”

Menyusul keputusan FIFA pada hari Rabu untuk merevisi mekanisme penyelenggaraan Piala Dunia FIFA, Asia akan memiliki kesempatan untuk menjadi tuan rumah kompetisi utama sepak bola dunia pada tahun 2034 untuk ketiga kalinya dalam sejarahnya, setelah Piala Dunia FIFA 2002 Republik Korea/Jepang dan Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!