Berita InternasionalKabar Saudi

CMA merujuk 25 tersangka ke penuntutan karena melanggar hukum pasar modal Saudi

Otoritas Pasar Modal (OJK) telah mengumumkan pelimpahan 25 orang yang diduga melanggar Undang-Undang Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya ke Kejaksaan. Langkah ini merupakan hasil dari upaya pengawasan dan investigasi yang terus menerus dilakukan oleh OJK.

Dewan Komisioner telah mengeluarkan dua keputusan penting dalam hal ini. Keputusan pertama adalah pelimpahan 23 orang tersangka. Orang-orang ini diduga telah terlibat dalam praktik manipulatif dan menipu, khususnya melalui entri pesanan pembelian yang bertujuan untuk mempengaruhi harga saham dan harga unit (termasuk beberapa yang terkait dengan pesanan penjualan) selama aktivitas perdagangan yang melibatkan 72 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Arab Saudi, serta satu dana investasi.

Rujukan kedua ke Penuntutan Umum berkaitan dengan dua tersangka yang dituduh melakukan tindakan manipulatif dan menipu yang serupa. Orang-orang ini diyakini telah memasukkan pesanan pembelian dengan maksud untuk mempengaruhi harga saham dan harga unit (beberapa terkait dengan pesanan penjualan) dan untuk mempengaruhi harga lelang penutupan yang lebih tinggi selama perdagangan saham dan unit 26 perusahaan. Di antaranya, satu perusahaan terdaftar di Pasar Paralel (Nomu) dan satu lagi melibatkan dana investasi di Bursa Efek Saudi.

Penting untuk dicatat bahwa dugaan pelanggaran ini terkait dengan saham satu dana investasi dan 84 perusahaan yang terdaftar, menggarisbawahi implikasi yang luas dari tindakan ini pada pasar modal Saudi.

CMA menekankan komitmennya yang teguh terhadap penerapan Undang-Undang Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi pasar dari praktik-praktik ilegal dan manipulatif yang dapat merusak kepercayaan investor dan integritas pasar.

Sejalan dengan mandatnya, CMA telah menegaskan bahwa mereka tidak akan ragu untuk menggunakan wewenangnya di bawah Undang-Undang Pasar Modal untuk mengawasi dan menindak setiap individu yang terlibat dalam kegiatan manipulatif di pasar modal. Tindakan otoritas ini mencerminkan dedikasinya untuk menjaga lingkungan investasi yang adil, transparan, dan aman bagi para partisipan dan investor di pasar modal Arab Saudi.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!