Denda 60 Juta bagi Penumpang yang Tidak Membawa Iqama

Siapa yang bertanggungjawab untuk Memeriksa Iqama?

Adalah bagi mereka yang bekerja sebagai sopir taksi, sopir bus, sopir kendaraan mandiri atau bahkan sopir khusus (seperti Anda) yang tercakup dalam lingkup peraturan ini yang seharusnya bertanggungjawab mengecek setiap penumpang atau siapapun yang Anda antarkan dari satu tempat ke tempat lainnnya. Dalam konteks ini adalah para penumpang (jika Anda sopir taksi) atau siapapun yang berhubungan saudara atau kerabat dengan Anda.

Bagaimana jika Mereka Tidak Memiliki Iqama?

Bagi mereka yang tidak membawa Iqama atau kartu Iqama mereka telah expired, Anda dilarang untuk membawa mereka pergi ke lokasi manapun di wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Anda bisa memberi tahu dan mengingatkan mereka bahwa akan ada denda yang berat yang berdampak pada diri Anda jika Anda tetap memberikan layanan atau tumpangan bagi siapapun dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Penduduk dengan Iqama yang telah expired akan diberlakukan sebagaimana penduduk ilegal.

Hukuman bagi siapapun sebagai Transporter Penduduk Ilegal

  1. Untuk level pertama, akan dikenakan denda 15.000 SAR (Rp. 60 Juta) dan penjara satu bulan
  2. Level kedua, denda 30.000 SAR (Rp. 120 Juta) dan penjara 3 bulan
  3. Level ketiga, denda 100.000 SAR (Rp. 400 Juta) dan hukuman penjara 6 bulan
  4. Jika driver adalah seorang ekspatriat, maka iqama yang bersangkutan harus segera diterminasi dan segera dideportasi setelah hukuman yang diterapkan kepadanya selesai
  5. Kendaraan harus disita dalam hal pengulangan pelanggaran, baik itu adalah kendaraan pribadi miliknya, teman atau sewa dan sejenisnya (sebagai pihak ketiga)

Ini penting untuk diketahui bahwa semua hukuman ini berlaku bagi siapapun residen ilegal di lingkungan Kerajaan Arab Saudi.

Jika Iqama seseorang valid tetapi dia tidak membawanya saat pengecekan, ini adalah lain kasus. Dia akan didenda 1000 – 3000 SAR (Rp. 4 – 12 Juta)

Baca juga :  Bedanya Merantau di Dalam dan di Luar Negeri

Bagaimana Cara Mengantisipasinya?

Ada baiknya Anda selalu mengecek status Iqama sebelum Anda mengantarkan penumpang Anda, jika Anda seorang driver profesional. Jika Anda hanya seorang driver pribadi, Anda harus mengecek kesediaan dan kevalidan Iqama orang-orang yang akan Anda antarkan. Silahkan ingat baik-baik bahwa masalah kecil ini akan membawa Anda ke gerbang deportasi.

Ini sedikit tindakan yang kurang terpuji jika tidak menolong, namun saran kami jangan pernah memberi tumpangan kepada siapapun orang yang meminta tumpangan di jalanan di seluruh Kerajaan Arab Saudi


Reference :
Steve (2022). SR 100.000 Fine if Passenger in Your Car Does Not Have Iqama. Retrieved from Life in Saudi Arabia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DSA NEWS UPDATE!Subcribe untuk informasi terbaru

Update informasi Anda bersama Devisa Saudi Arabia (DSA)