Berita InternasionalKabar SaudiKesehatan

Kementerian meluncurkan klaster kesehatan di seluruh Arab Saudi

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan selesainya tahap pertama transformasi, ditandai dengan peluncuran klaster kesehatan di seluruh wilayah Kerajaan.

Inisiatif ini merupakan bagian penting dari Program Transformasi Sektor Kesehatan yang bertujuan untuk mengembangkan sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan kualitas perawatan dan layanan yang diberikan, sejalan dengan Visi Saudi 2030.

Transformasi ini melibatkan restrukturisasi sektor kesehatan di Kerajaan, meningkatkan kemampuan dan efektivitasnya, dan berkontribusi pada peningkatan kepuasan terhadap layanan kesehatan yang diberikan kepada penerima manfaat, serta meningkatkan pengalaman mereka dalam mengakses layanan kesehatan.

Pengumuman ini mengikuti Keputusan Kabinet No. 469 tertanggal 19/08/1443 Hijriah, yang menyetujui pendirian Perusahaan Induk Kesehatan Saudi sesuai dengan sistem dasar yang menyertainya. Perusahaan Induk Kesehatan akan terus melakukan operasi terkait perawatan kesehatan melalui klaster kesehatan di berbagai wilayah di Kerajaan, sementara Kementerian Kesehatan akan mengatur dan mengawasi lembaga-lembaga perawatan kesehatan publik dan swasta.

Peluncuran klaster kesehatan ini bertujuan untuk merampingkan perjalanan perawatan kesehatan bagi penerima manfaat, mulai dari pusat perawatan primer hingga rujukan rumah sakit yang sesuai secara tepat waktu berdasarkan kondisi dan kebutuhan pasien.

Klaster-klaster ini akan membawa perubahan yang signifikan dalam pemberian layanan kesehatan sesuai dengan model layanan modern. Hal ini melibatkan transformasi semua rumah sakit dan pusat perawatan primer menjadi klaster kesehatan di seluruh Kerajaan, dengan masing-masing klaster melayani sekitar satu juta orang.

Setiap klaster akan mencakup pusat perawatan primer, rumah sakit umum, dan layanan khusus dalam cakupannya, menawarkan kepada para penerima manfaat organisasi administratif yang terintegrasi untuk memastikan fleksibilitas, ketepatan waktu, dan kepuasan layanan.

Klaster juga akan bertanggung jawab atas kesehatan penduduk di wilayahnya melalui pemantauan yang berkelanjutan, seperti melakukan pemeriksaan berkala secara berkala dan berkolaborasi dengan entitas lain untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang lebih sehat.

Kementerian Kesehatan meluncurkan klaster-klaster ini untuk memfasilitasi akses ke layanan kesehatan dan memudahkan transisi antara berbagai jenis layanan kesehatan. Klaster-klaster ini berfokus pada implementasi program-program transformatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat. Program-program ini mencakup promosi kesehatan masyarakat, pencegahan dan deteksi dini penyakit, pengembangan layanan kesehatan primer seperti program “Dokter untuk Setiap Keluarga” dan perawatan penyakit kronis, pengembangan layanan perawatan kritis untuk respons cepat terhadap stroke dan cedera jantung dan otak, serta perluasan layanan kesehatan digital dan layanan perawatan medis virtual.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!