Berita InternasionalKabar Saudi

GACA KSA : Kompensasi hingga SR 6.568 (IDR 26,2 Juta) untuk kehilangan bagasi dan maksimum 200% dari nilai tiket untuk pembatalan penerbangan

Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) mengumumkan pengesahan peraturan eksekutif baru untuk melindungi hak-hak penumpang, menggantikan peraturan yang sudah ada sebelumnya, yang akan mulai berlaku pada 20 November 2023.

Peraturan tersebut mencakup 30 pasal yang menjamin hak penumpang untuk mendapatkan perawatan, dukungan, dan kompensasi yang layak, dengan jumlah hingga 150-200 persen dari nilai tiket. Kompensasi tersebut akan diberikan jika terjadi keberangkatan penerbangan lebih cepat dari jadwal atau penundaan keberangkatan atau pembatalan penerbangan, serta jika terjadi penolakan untuk naik ke pesawat karena overbooking, dan penurunan kelas. Beberapa kompensasi tersebut ada yang sebesar 150 persen dan 200 persen dari nilai tiket, demikian diatur dalam peraturan baru tersebut.

Peraturan baru ini menjamin penumpang, jika kehilangan bagasi, akan mendapatkan kompensasi finansial sebesar SR6568. Jika terjadi kerusakan, cacat atau keterlambatan bagasi, penumpang berhak mendapatkan kompensasi finansial yang tidak melebihi SR6568.

Peraturan ini juga menjamin kompensasi kepada penumpang jika terjadi penambahan titik singgah yang tidak diumumkan saat melakukan konfirmasi pemesanan tiket. Peraturan tersebut memperjelas kewajiban penumpang dan maskapai penerbangan.

Peraturan tersebut juga mengatur hak-hak penumpang penyandang disabilitas dan penumpang dengan kebutuhan khusus. Peraturan tersebut menjamin hak-hak pelanggan, yang bepergian dengan penerbangan charter, terutama perjalanan haji dan umrah musiman.

Peraturan baru ini bertujuan untuk berkontribusi dalam meningkatkan layanan transportasi udara, meningkatkan efisiensinya, dan meningkatkan pengalaman wisatawan dari dan ke Arab Saudi serta di dalam Kerajaan, dengan memberikan perawatan dan dukungan yang diperlukan. Peraturan ini juga bertujuan untuk melindungi hak-hak penumpang untuk mencapai perjalanan yang tertib, aman, dan nyaman.

Wakil Presiden GACA untuk Kualitas dan Pengalaman Wisatawan Eng. Abdulaziz Aldahmash menekankan bahwa peraturan baru ini mencerminkan minat otoritas terhadap kepuasan penumpang, dan keinginannya untuk meningkatkan pengalaman perjalanan di langit Kerajaan, dengan melindungi penumpang dari perubahan mendadak dalam lalu lintas udara, dan memberi mereka pilihan yang lebih baik.

Penerapan peraturan baru oleh otoritas mencerminkan komitmennya yang konstan terhadap pengembangan dan pencarian segala sesuatu yang menambah pengalaman penumpang dalam upaya mencapai tujuan strategi nasional untuk sektor penerbangan, kata Aldahmash, seraya menambahkan bahwa strategi ini bertujuan untuk memberdayakan Visi 2030 Arab Saudi, dan berusaha untuk mencapai tujuannya di sektor pariwisata serta meningkatkan kemampuannya untuk mendiversifikasi ekonomi.

Patut dicatat bahwa GACA ingin mengembangkan dan meningkatkan sistem secara umum, melalui adopsi beberapa inisiatif dan program, dengan tujuan untuk berkontribusi pada kemajuan industri transportasi udara secara lokal, regional, dan internasional, di beberapa bidang. Hal ini sesuai dengan sistem dan standar internasional terbaru, berdasarkan dan diturunkan dari strategi nasional untuk sektor penerbangan sipil, yang bertujuan untuk memungkinkan sektor penerbangan di Kerajaan menjadi yang terbaik di Timur Tengah, mencapai target 330 juta penumpang. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas angkutan udara menjadi 4,5 juta ton, dan meningkatkan tingkat konektivitas udara untuk mencapai 250 tujuan dari dan ke bandara-bandara Kerajaan pada tahun 2030.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!