Imigrasi & Rekrutmen

Program SISKOTKLN & PAP telah dibuka kembali

Setelah beberapa bulan penutupan layanan karena kebijakan pemerintah terkait PPKM di Jawa dan Bali, SISKOTKLN dan PAP dari pemerintah hari ini dibuka kembali. Sebetulnya, pembukaan kembali program ini tidak hanya untuk ke negara Arab Saudi, namun ke semua negara yang akan dituju oleh calon PMI.

Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) adalah sistem pendataan bagi Calon Pekerja Migran Indonesia yang akan berangkat keluar negeri.

SISKOTKLN mengintegrasikan Pemangku kepentingan terkait dengan penempatan PMI yang antara lain Dinas Kabupaten/Kota, PPTKIS, Balai Latihan Kerja Luar Negeri, Sarana Kesehatan, Asuransi, Pemetiksaan Psikologi, Lembaga Uji Kompetensi, Lembaga Keuangan, dan Perwakilan RI di luar Negeri

SISKOTKLN memanfaatkan teknologi terkini dalam proses implementasinya. Penggunaan Teknologi Biometrik untuk memastikan PMI menghadiri pelatihan di Balai Latihan Kerja Luar Negerii dan durasi yang sesuai dengan negara yang bersangkutan. Hasil akhir dari SISKOTKLN adalah KTKLN yang menjadi identitas PMI di luar negeri.

KTKLN merupakan kartu identitas bagi PMI dan sekaligus sebagai bukti bahwa PMI yang bersangkutan telah memenuhi prosedur untuk bekerja ke luar negeri dan berfungsi sebagai instrumen perlindungan baik pada masa penempatan (selama bekerja di luar negeri) maupun pasca penempatan (setelah selesai kontrak dan pulang ke tanah air). KTKLN ini berbentuk smartcard chip microprocessor contactless dan menyimpan data digital PMI yang dapat di update dan dibaca card reader.

Sementara PAP adalah Program Akhir Pemberangkatan yang wajib diikuti oleh semua calon PMI guna membekali pengetahuan dasar, arahan dan cara-cara kerja yang aman sesampainya nanti ke luar negeri.

Bagi Sahabat DSA yang akan segera terbang ke Arab Saudi, selamat mengikuti proses ya. Sampai jumpa di tanah suci.

Sumber : BNP2MI

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!