Berita InternasionalKabar Saudi

Arab Saudi akan memperkenalkan perlindungan asuransi untuk pekerja rumah tangga

Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial (MHRSD) meluncurkan perlindungan asuransi bagi pekerja rumah tangga yang baru datang untuk pertama kalinya ke Arab Saudi melalui platform Musaned. Kementerian mengatakan bahwa layanan “Asuransi Kontrak Pekerja Rumah Tangga” akan mulai berlaku mulai 1 Februari 2024.

Dijelaskan bahwa perlindungan asuransi pada kontrak untuk perekrutan pekerja rumah tangga akan berlaku selama dua tahun pertama sejak awal kontrak. Hal ini akan sesuai dengan prosedur kontrak majikan dengan kantor perekrutan atau perusahaan. Perlindungan asuransi setelah dua tahun merupakan pilihan bagi majikan dan mereka dapat memperpanjang atau membatalkannya.

Saat ini, layanan asuransi untuk pekerja rumah tangga hanya tersedia untuk klien Musaned karena kementerian sebelumnya telah meluncurkannya sebagai pilihan bagi kliennya sejak awal tahun 2023, dan jumlah klien yang telah memilih perlindungan asuransi untuk asisten rumah tangga mereka telah mencapai lebih dari 175.000. Layanan ini telah menerima interaksi dan umpan balik yang positif dari para pelanggan dan pihak-pihak yang terlibat dalam hubungan kontrak.

Layanan asuransi ini memungkinkan pemberi kerja dan pekerja rumah tangga untuk mengambil keuntungan dari kompensasi dalam berbagai situasi, dimulai dari tanggal pekerja rumah tangga mulai bekerja dengan majikan mereka. Layanan asuransi pada kontrak pekerja rumah tangga juga memberikan banyak manfaat bagi majikan, seperti kompensasi untuk biaya perekrutan jika pekerja tidak hadir untuk bekerja, melarikan diri dari tugas (huroob), meninggal dunia atau cacat dalam menjalankan tugas atau menderita penyakit kronis yang menghalangi pekerja untuk menjalankan tugas. Majikan juga akan mendapatkan kompensasi untuk memenuhi biaya pemulangan jenazah, barang-barang pribadi dan harta benda lainnya jika pekerja rumah tangga meninggal dunia.

Layanan asuransi ini juga menjamin perlindungan hak-hak pekerja rumah tangga seperti kompensasi untuk pekerja jika terjadi cacat tetap total atau cacat tetap sebagian akibat kecelakaan, dan memberikan kompensasi jika majikan tidak berkomitmen untuk membayar gaji dan iuran keuangan akibat majikan meninggal dunia, cacat tetap total, atau cacat tetap sebagian.

Layanan asuransi untuk pekerja rumah tangga sejalan dengan upaya kementerian untuk mengembangkan sektor perekrutan dan melindungi hak-hak pekerja rumah tangga dan majikan. Kementerian sebelumnya telah meluncurkan Program Perlindungan Upah untuk Pekerja Rumah Tangga, untuk melindungi hak-hak upah pekerja rumah tangga di Arab Saudi.

Program Kontrak Terpadu untuk Perekrutan Pekerja Rumah Tangga menetapkan bahwa harus ada kontrak terpadu yang mengikat kedua belah pihak dalam kontrak yang menjaga hak-hak kontrak dan menentukan kewajiban kedua belah pihak, di samping menetapkan batas maksimum perekrutan pekerja rumah tangga ke beberapa negara, dan banyak perjanjian bersama.

Patut dicatat bahwa MHRSD meluncurkan platform Musaned sebagai salah satu inisiatif untuk mengembangkan sektor perekrutan di Kerajaan, karena platform ini menyediakan berbagai layanan untuk meningkatkan dan memfasilitasi perjalanan perekrutan, serta menyelesaikan keluhan dan perselisihan yang mungkin terjadi di antara para pihak yang berkontrak, di samping menjamin hak-hak mereka.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!