COVID19 & VaksinasiKabar Saudi

Begini loh! Digitaliasi Saudi Melawan COVID19

Arab Saudi adalah negara adidaya menengah dimana menjadi satu-satunya negara di kawasan Gulf Country sebagai pengontrol minyak dunia. Fakta ini nyata dengan peran besarnya di OPEC (The Organization of the Petroleum Exporting Countries).

Masa Pandemi COVID19 adalah masa-masa sulit di era kehidupan baru ini dimana menuntut banyak sendi kehidupan manusia dipaksa untuk beralih ke digital, serba terkomputerisasi serta online. Arab Saudi memang bukan negara Pro Aktif (Inisiator), tapi Saudi adalah negara Reaktif. Mereka belajar dari kesalahan demi kesalahan, kekurangan demi kekurangan dan terus ditutupi dengan strategi politik yang tertata, jelas dan terukur.

Sebagaimana seperti negara-negara lainnya, Arab Saudi juga turut andil mengontrol masyarakatnya di masa pandemi ini dengan sistem digitalisasi yang serba online dan tersistem.

Berikut adalah beberapa aplikasi buatan Saudi dalam perannya melawan Virus Corona. Ini adalah aplikasi yang ada di Arab Saudi yang wajib ada untuk masyarakat saudi dan expatriat :

1. Tawakkalna

Tawakkalna adalah aplikasi yang melacak kontak masyarakat di Arab Saudi. Aplikasi ini digunakan untuk memverifikasi atau memberikan bukti status vaksinasi dan status infeksi COVID19. Aplikasi ini terhubung langsung dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi (Ministry of Health / MOH).

Aplikasi Tawakkalna

Aplikasi ini juga menjadi Paspor Kesehatan (Health Passport) juga merupakan aplikasi wajib apabila memasuki tempat umum, seperti kantor, pusat perbelanjaan, tempat kreasi dan pesta. Bahkan aplikasi Tawakkalna menjadi petunjuk karantina untuk masyarakat yang baru saja tiba dari luar negeri.

Baca lebih lanjut tentang Aplikasi Tawakkalna KLIK DISINI

2. Sehhaty

Aplikasi Sehhaty

Sehhaty adalah aplikasi pelayanan kesehatan untuk membuat janji pengambilan Vaksin COVID19, Tes COVID19 dan pengobatan untuk masyarakat Saudi. Masyarakat Saudi diberikan pelayanan sesuai dengan tempat tinggal terdekat secara gratis. Jenis vaksin dominan yang tersedia di saudi sendiri adalah pfizer dan astrazeneca.

3. Eatmarna

Aplikasi Eatmarna

Aplikasi yang satu ini adalah berkaitan dengan ambil izin dan janji untuk melakuakan ibadah umroh, shalat atau ziarah. Pada zaman pandemi untuk seluruh umat islam di dunia izinnya beberapa waktu lalu ditangguhkan. Dengan demikian, Pemerintah Saudi membuat aplikasi untuk mempermudah seluruh umat Islam di dunia untuk beribadah di saat pandemi COVID19. dengan kuota jamaah umroh yang sudah di tentukan.

Negara Saudi adalah salah satu negara yang menerapkan protokol kesehatan di zaman pandemi dengan sistem aplikasi yang canggih!

Siapapun Anda yang saat ini akan berangkat ke Arab Saudi atau sudah berada di negara kerajaan ini, semoga selalu dalam lindungan-Nya, aamiin

Ayu Pratiwi
Latest posts by Ayu Pratiwi (see all)

Ayu Pratiwi

Healthcare | Writer | Social Enthusiasm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!