Opini

Hidup di Arab Saudi Serba Duit

Bekerja di saudi arabia adalah pengalaman yang sangat istimewa. Kenapa saudi arabia negara tujuan PMI untuk bekerja di luar negeri ? Jawabannya, karena negara Saudi Arabia tempat di mana kiblat umat islam, bukan hanya dari indonesia. Bahkan seluruh umat Islam dunia. Bukan hanya ingin bekerja, nikmat syukur tak terhingga bisa beribadah sekalian bekerja. Tentunya ibadah umroh lebih dari satu dan berkesempatan untuk ibadah haji.

Ini lah pengalaman unik selama bekerja di saudi arabia yang harus di ketahui.

  1. Kebiasaan yang sangat baik adalah orang sini sangat ramah untuk menyapa. Assalammualaikum, How Are You ? Pertanyaan ini setiap bertemu selalu di tangakan bahkan bisa di tanyakan 5 menit sekali.
  2. Pengemudi di saudi berada di sebelah kiri berbeda dengan negara kita drivernya berada di kanan, harus di ketahui untuk naik mobil khusus wanita jangan duduk di depan samping supir apabila bukan ada ikatan keluarga. Kalau orang sini bilangnya “mamnu”.
  3. Saat waktu shalat datang semua kegiatan di hentikan. Tidak jarang menemukan orang shalat di depan toko.
  4. Saudi arabia adalah negara mayoritas muslim tapi jangan salah negara ini sangat welcome untuk pendatang yang berbeda agama. Tidak jarang kita temukan pekerja khususnya perawat dari berbagai negara yang non muslim.
  5. Iqoma (KTP) Saudi arabia. Ini kartu tanda penduduk yang sangat penting, semua urusan kita terkoneksi dengan web kementrian dalam negari(imigrasi). Jadi setiap yang tinggal di saudi arabia WAJIB punya iqoma.
  6. Soal sedekah orang saudi arabia selalu maksimal soal sedekah.

Pergi ke luar negeri bahkan ke Saudi Arabia impian setiap umat islam di seluruh dunia. Untuk mengabulkan keinginan ini pasti lah kita butuh duit. Duit bukan hanya dalam arti uang. “Duit” yang di maksud di sini adalah Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal.

Ayu Pratiwi
Latest posts by Ayu Pratiwi (see all)

Ayu Pratiwi

Healthcare | Writer | Social Enthusiasm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!