Back to IndonesiaCOVID19 & Vaksinasi

Mau Pulang ke Indonesia? Sudah Verifikasi Kartu Vaksin dari Luar Negeri belum?

Bagi sahabat yang berencana akan pulang ke Indonesia dalam waktu dekat dan masih dalam masa pandemi alangkah baiknya perhatikan aturan baru dari pemerintah.

Melalui Kementerian Kesehatan, per tanggal 14 September 2021 pemerintah menetapkan aturan baru bagi para Pekerja Migran Indonesia, Mahasiswa, Diplomat dan siapapun yang berada di luar negeri, khususnya terkait vaksin yang didapatkan di luar negeri namun akan pulang kampung ke Indonesia. Para ekspatriat yang telah mendapat vaksin non Indonesia tersebut diharapkan melakukan verifikasi sertifikat vaksinasi via online di Portal Resmi Kemenkes RI dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Portal Verifikasi sertifikat vaksin dari luar negeri : https://vaksinln.dto.kemkes.go.id/

Program ini berlaku baik bagi WNI maupun WNA yang akan memasuki indonesia. Portal ini teritegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi dimana ini merupakan platform sumber informasi COVID19 resmi pemerintah Indonesia. Mungkin bagi sahabat DSA yang saat ini atau pernah di Arab Saudi, aplikasi ini bisa dikatakan Tawakkalna-nya Indonesia.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Bagaimana Cara Daftarnya?

1. Masuk ke link portal yang disediakan.

Setelah diklik, Anda akan menemukan tampilan dialog sepert ini :

2. Lakukan Log in atau Register

Jika Anda sudah memiliki akun, silahkan log in dengan email dan password yang sudah Anda miliki, namun jika belum, silahkan klik tombol Register here pada pojok kanan bawah. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa requirement seperti gambar di bawah ini :

3. Setelah semua lengkap, klik Sign Up

Sebelum klik Sign Up, periksa kembali data diri Anda. Jika ada yang tidak sesuai atau ragu, bisa di klik tombol Reset untuk menghapus semua data yang sudah diinput dan kembali ke pengisian awal. Maka, setelah semuanya selesai, akan muncul kolom dialog Registration Success dan diarahkan untuk ke halaman log in sebagaimana pada saat akan register di awal.

4. Lakukan Confirm Email

Sebelum ke tahap log in, Anda harus membuka inbox email yang telah Anda daftarkan dan mengklik tombol Confirm Account sebagaimana gambar di bawah ini. Jika tidak di confirm dalam waktu 3 hari sistem akan ter-cancel otomatis dan Anda tidak akan bisa log in.


5. Isikan semua persyaratan yang di butuhkan

Pada tahap ini Anda juga diwajibkan mem-upload foto/scan kartu KTP (Bagi WNI) atau Paspor/ Data pendukung lainnya sebagai Resident Idendity, termasuk juga sertifikat / kartu vaksin yang di dapat di luar negeri.

– Pastikan bahwa semua data tersebut (pdf / Jpg) tidak lebih dari 1 MB. Jika Anda gagal submit, lakukan log in ulang via Google Chrome atau juga via PC untuk lebih memudahkan akses.
– Teliti kembali tanggal vaksinasi pertama maupun kedua, serta jenis vaksin yang diterima

JIka sudah lengkap silahkan klik Submit

6. Menunggu Approval

Pada tahap ini, akan muncul summary semua data yang Anda input dan submit. Silahkan tunggu minimal 3 sampai 6 hari ke depan untuk proses verifikasi dari Tim Verifikator Kemenkes RI.

7. Menerima Konfirmasi Approval

Proses verifikasi paling cepat 3 sampai dengan 6 hari. Lakukan cek secara berkala dengan log in melalui link yang sama sebagaimana penjelasan di atas. Setelah menunggu kita akan menerima notifikasi seperti gambar di bawah ini :

Tampilan approved di email

Verifivation approved

8. Memeriksa dan Mendownload Sertiikat Vaksin Hasil Verifikasi (VERSI INDONESIA) :

Untuk memeriksa apakah sertifikat vaksin versi Indonesia Anda sudah tersedia atau belum, Anda bisa mengunjungi alamat URL di bawah ini

Portal Periksa dan Download Sertiifkat Vaksin versi INDONESIA : https://www.pedulilindungi.id/periksa-sertifikat

Contoh vaksin dosis pertama
Contoh vaksin dosis kedua

Selamat mencoba, semoga perjalanan Anda aman dan selamat sampai Indonesia.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!