Berita InternasionalImigrasi & RekrutmenKabar Saudi

Pekerja rumah tangga di Arabi Saudi yang ‘kabur’ ?

Tidak diperbolehkan untuk memindahkan layanan pekerja rumah tangga dari satu sponsor ke sponsor lainnya jika ada keluhan ‘kabur’ (huroob) yang didaftarkan terhadap pekerja sebelumnya. Hal ini diumumkan oleh platform Musaned untuk layanan pekerja rumah tangga, di bawah Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial (MHRSD).

Portal tersebut menyatakan bahwa transfer layanan dari satu sponsor individu ke sponsor lainnya adalah layanan eksklusif untuk pekerja rumah tangga, dan telah ditetapkan bahwa pekerja tersebut tidak terlibat dalam laporan huroob sebagai prasyarat untuk transfer

Portal tersebut menyatakan bahwa pemindahan layanan dari satu sponsor individu ke sponsor lainnya adalah layanan eksklusif untuk pekerja rumah tangga, dan telah ditetapkan bahwa pekerja tersebut tidak terlibat dalam laporan huroob sebagai prasyarat untuk pemindahan.

Platform tersebut menekankan bahwa permintaan untuk mentransfer layanan diproses berdasarkan aturan perekrutan yang telah disetujui dan peraturan untuk mengeluarkan visa dan mentransfer layanan dari kementerian.

Menurut Musaned, langkah-langkah untuk mengalihkan layanan pekerja rumah tangga dari satu individu ke individu lainnya adalah sebagai berikut: Majikan saat ini mengajukan permintaan untuk memindahkan layanan dari satu individu ke individu lain melalui platform Musaned, dan kemudian memasukkan data pekerja dan majikan baru.

Platform ini mengindikasikan bahwa penyelesaian proses pengalihan layanan membutuhkan waktu maksimal 23 hari. Durasi penyelesaian proses ini tergantung pada kecepatan respon dari pihak-pihak yang terlibat dalam hubungan kontrak dan penyelesaian permintaan melalui platform Absher.

Patut dicatat bahwa MHRSD mengizinkan pengalihan layanan pekerja rumah tangga antara majikan individu melalui platform Musaned yang berlaku mulai 1 Agustus 2023. Layanan baru ini memungkinkan warga negara Saudi untuk memindahkan layanan pekerja rumah tangga dari majikan saat ini ke majikan baru melalui platform dengan langkah-langkah elektronik yang lebih mudah, dan itu sesuai dengan syarat dan ketentuan serta peraturan perekrutan.

Proses transfer akan dilakukan setelah mendapat persetujuan dari semua pihak yang terlibat dalam hubungan kontrak, seperti majikan saat ini, pekerja rumah tangga, dan majikan baru. Proses pembayaran akan dilakukan melalui saluran pembayaran elektronik yang dapat diandalkan melalui platform, dan itu benar-benar sesuai dengan plafon harga yang ditetapkan oleh kementerian,” kata Musaned dalam pernyataan sebelumnya.

Kementerian telah menetapkan platform Musaned sebagai situs web resmi untuk layanan rumah tangga dan program pekerjaan rumah tangga, dan menyediakan berbagai layanan untuk meningkatkan dan memfasilitasi proses perekrutan

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!