Berita InternasionalSaudi SportSports

Saudi Pro League Preview: Siap untuk Al Nassr vs Al-Ahli

Dalam salah satu pertandingan yang paling ditunggu-tunggu dalam kalender Liga Pro Saudi, Al Nassr menjamu Al-Ahli pada Jumat malam dalam sebuah pertandingan yang, di atas kertas, merupakan puncak dari pertandingan akhir pekan ini.

Setelah terdegradasi pada tahun 2022, untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, Al-Ahli harus menunggu selama 16 bulan sebelum tim dapat menghadapi rival lama mereka di Liga Pro Saudi lagi. Mereka mendapatkan promosi sebagai juara pada saat pertama kali mengajukan permohonan dan memiliki awal yang menggembirakan di musim pertama mereka kembali ke kasta teratas – meledak dengan empat kemenangan dalam empat pertandingan pertama dan lima dari enam pertandingan secara total.

Al Nassr, sebaliknya, memulai dengan lambat sebelum mencapai langkahnya dalam beberapa pekan terakhir – mencetak total 17 gol saat tim memenangkan masing-masing dari empat pertandingan liga terakhirnya.

Secara tradisional, dua klub terbesar di Arab Saudi, Al Nassr (9) dan Al-Ahli (3), telah memenangkan 12 gelar liga di antara mereka dan finis sebagai runner-up di divisi ini sebanyak 16 kali. Kedua tim biasanya ditemukan di eselon atas Liga Pro Saudi, dan mereka termasuk di antara para pelopor awal untuk musim 2023-24, dengan Al-Ahli di tempat ketiga dan Al Nassr hanya tiga poin di belakang mereka di urutan keenam.

Al-Ahli akan diistirahatkan lebih baik untuk hari Jumat, setelah tidak bermain sejak kemenangan 3-2 atas Al-Taawoun akhir pekan lalu.

Di sisi lain, Al Nassr bertandang ke Teheran pada hari Selasa untuk menjalani pertandingan sulit di Liga Champions AFC melawan Persepolis. Namun, kemenangan 2-0 untuk tim asuhan Luis Castro di Iran berarti Al Nassr memiliki momentum tambahan menjelang pertandingan hari Jumat di Riyadh.

Pemain Persepolis Hossein Kanan beraksi dengan Cristiano Ronaldo dari Al Nassr. (Reuters)

Kedua tim memiliki musim panas yang sibuk dan pertandingan ini akan menjadi salah satu pertandingan yang paling berkesan di antara mereka dalam beberapa tahun terakhir, berkat kualitas para pemain yang terlibat. Ketika Al Nassr dapat memanggil Cristiano Ronaldo, Sadio Mane, Seko Fofana, Aymeric Laporte, dan Marcelo Brozovic, Al-Ahli juga memiliki pemain-pemain yang memalukan, seperti Roberto Firmino, Edouard Mendy, Riyad Mahrez, Franck Kessie, dan Allan Saint Maximin.

Di luar impor yang mengesankan, terdapat hubungan yang signifikan antara pemain-pemain Saudi yang dimiliki oleh klub-klub tersebut. Fahad al-Hamad dan Ibrahim al-Zubaidi dari Al-Ahli sebelumnya mewakili Al Nassr, sementara penyerang internasional Arab Saudi, Firas al-Buraikan – yang pindah ke Al-Ahli dari Al-Fateh pada awal musim panas ini – memulai kariernya di Al Nassr setelah melalui tim muda mereka.

Di sisi lain, Mohammed al-Fatil telah berada di Al-Ahli selama sembilan tahun sebelum pindah ke Al Nassr pada tahun 2021, sementara Abdulrahman Ghareeb, 26 tahun – yang tampil mengesankan saat menghadapi Persepolis – berada di Al-Ahli sejak usia 14 tahun hingga bergabung dengan Al Nassr pada tahun 2022. Ketika kedua klub terakhir kali bermain di liga Mei lalu, Ghareeb mencetak gol untuk Al-Ahli dalam hasil imbang 1-1. Dia bisa jadi akan tampil dalam laga emosional melawan mantan klubnya pada hari Jumat.

Para manajer

Luis Castro telah memenangkan trofi pertamanya bersama Al Nassr setelah tim asuhannya meraih kemenangan perdana di Arab Club Champions Cup pada bulan Agustus. Pelatih asal Portugal ini sekarang haus akan lebih banyak lagi trofi. Al Nassr telah menemukan ritme permainannya setelah awal yang lambat di liga, dan gaya menyerang mereka yang habis-habisan telah membuat Castro mendapatkan banyak penggemar dalam beberapa pekan terakhir.

Pelatih Al Nassr Luis Castro bereaksi. (Reuters)

Ia akan mengadu kemampuannya dengan Matthias Jaissle, yang, pada usia 35 tahun, berusia 26 tahun lebih muda dari lawannya. Jaissle secara luas digadang-gadang memiliki karier kepelatihan yang sukses di masa depan setelah secara mengesankan membawa tim Austria, Red Bull Salzburg, ke babak sistem gugur UEFA Champions League untuk pertama kalinya, yang merupakan tugas besar pertamanya.

Key rivalries

Ketika mantan pemain bertahan Roma, Roger IbaƱez, berusaha untuk menjaga Cristiano Ronaldo akan menjadi pertarungan yang menarik, pertarungan yang paling menarik di hari Jumat akan terjadi di sayap kanan Al-Ahli. Masih harus dilihat siapa dari Al Nassr yang akan ditugaskan untuk meredam Riyad Mahrez, yang – seperti yang terjadi selama beberapa tahun di Manchester City – benar-benar mematikan musim ini ketika memotong dari sisi kanan dan menempatkan kaki kirinya untuk melakukan tendangan yang mematikan.

Ronaldo bersama rekan-rekan setimnya di klub Al Nassr. (Twitter)

Mantan pemain Manchester United, Alex Telles, bermain sebagai bek kiri untuk Al Nassr dalam pertandingan liga terakhir mereka, tetapi Mahrez secara meyakinkan mengungguli dia saat keduanya bertarung dalam derbi Manchester 2022, mencetak dua gol dalam kemenangan 4-1.

Pemain asal Pantai Gading, Ghislain Konan, juga tampil sebagai bek kiri beberapa kali musim ini dan mungkin akan menjadi pilihan utama, sementara Abdulrahman Ghareeb mencetak gol saat melawan Persepolis di Liga Champions AFC awal pekan ini. Siapapun yang dipilih oleh pelatih Al Nassr, Castro, bek kirinya ditakdirkan untuk berhadapan dengan pemain Aljazair, Al-Ahli.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *