Opini

Antara Keluarga, Sahabat dan Pekerjaan

Kita kadang sering salah mengambil keputusan. Selalu terburu-buru mengambil tindakan tanpa berpikir panjang dampak dan akibatnya ke depan. Hingga akhirnya kita kehilangan hal yang tak seharusnya, dan meraih hal yang tak semestinya.

Keluarga, sahabat dan pekerjaan adalah tiga pilar penting dalam menjaga eksistensi kita berkehidupan. Ketiganya memegang peranan pokok untuk membantu kita menjaga balance kehidupan agar tetap sehat dan waras menjalani aktifitas.

Do you know?

Keluarga, sahabat dan pekerjaan itu ibarat tiga bola yang harus kita mainkan bergantian bersamaan. Kita butuh ketiganya dan kita harus menjalankannya. Ibarat seperti bermain Ball Juggling dimana bola itu tidak boleh ada yang jatuh dan harus dilempar secara berurutan dan bergantian, begitu seterusnya.

Dua dari tiga bola itu terbuat dari kaca, sementara ada satu yang terbuat dari karet. Sebagaimana adagium mengatakan, “Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti ada saatnya dia jatuh.” Sama seperti kita bermaint Ball Juggling. Semahir dan selincah apapuh, pasti ada saatnya salah satu akan jatuh.

Lalu apa analogi dari ketiga bola itu?

Kedua bola yang terbuat dari kaca itu adalah keluarga dan sahabat. Sementara yang terbuat dari karet adalah pekerjaan. Kadang kala, kita terlalu mengejar sebuah karir dalam pekerjaan, namun mengabaikan keluarga. Hubungan dengan istri menjadi tidak baik, hubungan dengan anak menjadi jauh, hubungan dengan orang tua atau mertua menjadi renggang dan seterusnya. Begitu juga sama, karena terlalu ambisius, kadang kita rela kehilangan teman daripada kehilangan sebuah pekerjaan.

Keluarga dan sahabat adalah ‘kaca-kaca’ yang mudah pecah dan tidak akan pernah kembali sempurna setelah jatuh dan hancur. Dan justru hanya pekerjaanlah yang terbuat dari ‘karet’ yang ketika jatuh, ia akan memantulkan tekanan lebih tinggi dan semakin tinggi dari sebelumnya.

Maka, percayalah! Pekerjaan hanyalah sebuah pekerjaan. Jangan sampai ia merusak keluarga dan persahabatan. Kita bisa memperbaiki atau berganti pekerjaan menjadi apapun, kapanpun dan dimanapun, tapi kita tidak akan pernah bisa memperbaiki dan berganti keluarga dan teman, bukan?

Dimanapun Sahabat DSA berada, semoga sehat selalu …

Ns. Satya Putra Lencana BSN, RN
Latest posts by Ns. Satya Putra Lencana BSN, RN (see all)

Ns. Satya Putra Lencana BSN, RN

Occupational Health Nursing (OHN) at Larsen & Toubro (LNT) Saudi Arabia Lcc | CEO & MD of Devisaudia.com | Indonesian Migrant Worker Task Force under Labor Attache of Indonesian Embassy, Riyadh, Saudi Arabia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!