Berita InternasionalSaudi SportSports

Era baru Liga Pro Saudi: Menjelajahi musim RSL 2023/24 yang dinanti-nantikan

Liga Pro Saudi 2023/24, yang akan dimulai pada hari Jumat, siap untuk menandai babak penting dalam sejarah sepak bola Arab Saudi. Dengan masuknya pemain bintang yang belum pernah terjadi sebelumnya yang telah bergabung dengan liga musim panas ini, musim ini menjanjikan untuk menjadi salah satu kampanye sepak bola paling menarik yang pernah disaksikan oleh Kerajaan.

Berikut ini adalah gambaran dari kampanye bertabur bintang yang akan datang:

Meluncurkan Liga Pro Saudi

Saudi Pro League, yang secara resmi diakui sebagai Roshn Saudi League (RSL) karena afiliasi sponsornya, adalah tingkat utama sepak bola asosiasi di Kerajaan.

Musim pertama kompetisi dimulai pada musim 1976/77.

Terdiri dari total 18 klub musim ini, RSL telah mengalokasikan ruang untuk setiap tim yang berpartisipasi untuk mendaftarkan hingga delapan pemain non-Saudi, mendiversifikasi liga dengan talenta internasional.

Selama satu musim, yang secara tradisional berlangsung dari Agustus hingga Mei, setiap klub berhadapan dengan klub lain dua kali – sekali di kandang mereka dan sekali di kandang lawan. Ini berarti total 34 pertandingan untuk setiap klub.

Tim-tim diberi peringkat di papan klasemen liga berdasarkan poin, diikuti oleh rekor head-to-head di antara tim-tim yang seri, dan kemudian selisih gol.

Sistem promosi dan degradasi berlaku antara RSL dan Liga Divisi Utama Arab Saudi. Tiga tim yang berada di posisi terendah (ke-16, 17 dan 18) di RSL terdegradasi ke Divisi Utama dan tiga tim teratas dari Divisi Utama dipromosikan ke RSL.

Klub Paling Sukses


Al Hilal dari ibu kota Riyadh memegang rekor sebagai tim tersukses di liga, dengan mengamankan 18 gelar dalam sejarahnya, yang terakhir memenangkan gelar pada 2021/22.

Tim kebanggaan Jeddah, Al Ittihad, meraih gelar juara musim lalu dan secara total telah sembilan kali merebut gelar juara liga. Al Nassr yang berbasis di Riyadh juga memiliki sembilan gelar juara, dengan kemenangan terakhirnya terjadi pada musim 2018/19.

Al Shabab, klub lain yang berbasis di Riyadh, membanggakan enam kemenangan liga, sementara Al Ahli dari Jeddah telah mengamankan gelar tiga kali. Al Ettifaq dari Dammam dan Al Fateh dari Al Hasa masing-masing telah mengklaim gelar juara dua kali dan satu kali.

Secara keseluruhan, tim-tim dari Riyadh secara kolektif telah mendominasi liga, mengumpulkan 33 gelar juara yang menyoroti kehebatan sepak bola ibu kota.

Apa yang membuat musim ini unik?

RSL telah mengumpulkan investasi yang signifikan pada musim panas ini, menarik nama-nama terkenal dalam olahraga ini seperti Karim Benzema, N’Golo Kante, dan Riyad Mahrez, di antaranya.

Pada bulan Juni, Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, meluncurkan Proyek Investasi dan Privatisasi Klub Olahraga. Inisiatif ini membuat Dana Investasi Publik (PIF), dana kekayaan berdaulat Arab Saudi, mengakuisisi 75 persen saham di empat klub paling populer di Kerajaan: Al Hilal, Al Ittihad, Al Nassr, dan Al Ahli.

Olahraga memainkan peran penting dalam rencana diversifikasi ekonomi Visi 2030 Kerajaan yang bertujuan untuk membangun industri baru dan menciptakan lapangan kerja.

Proyek privatisasi, yang berfokus terutama pada klub sepak bola, mengizinkan perusahaan dan agen pembangunan untuk berinvestasi dan mengambil alih klub.

Proyek ini membayangkan peningkatan pendapatan tahunan liga Saudi menjadi 1,8 miliar riyal ($ 480 juta) pada tahun 2030 dari 450 juta riyal saat ini. Arab Saudi juga mengantisipasi nilai pasar liga melonjak menjadi lebih dari 8 miliar riyal dari 3 miliar riyal saat ini selama periode yang sama.

Bintang

Sejak Ronaldo bergabung dengan Al Nassr dari Manchester United pada Desember lalu, beberapa pemain kelas dunia lainnya dari liga-liga top Eropa telah mengikutinya.

Karim Benzema: Pemain asal Prancis ini, yang selama bertahun-tahun menjadi rekan Ronaldo di lini depan Real Madrid, bergabung dengan Al Ittihad pada bulan Juni setelah 14 musim bersama Los Blancos.

Benzema, yang memenangkan Ballon d’Or pada tahun 2022 setelah musim Liga Champions yang tak terlupakan bersama Real Madrid, meninggalkan klub Spanyol tersebut setelah memenangkan lima gelar Liga Champions dan empat gelar La Liga.

Pemain berusia 35 tahun itu, yang secara luas dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik di generasinya, bergabung dengan Real Madrid pada tahun 2009 dari klub Ligue 1, Lyon. Dia telah membuat 648 penampilan bersama klub Spanyol tersebut dan berada di urutan kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 354 gol.

N’golo Kante: Gelandang pemenang Piala Dunia Prancis ini bergabung dengan rekan senegaranya, Benzema, di Al Ittihad pada bulan Juni, dari Chelsea.

Seorang gelandang yang dinamis dan rajin, Kante memenangkan Piala Dunia bersama Prancis pada tahun 2018. Ia dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di generasinya.

Pemain berusia 32 tahun ini memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub bersama Chelsea, serta gelar juara Liga Primer Inggris secara beruntun bersama Leicester City dan Chelsea.

Dengan bergabungnya Kante dan Benzema, lini tengah dan lini serang Al Ittihad telah diperkuat secara signifikan, meningkatkan peluang klub untuk mempertahankan gelar.

Riyad Mahrez: Pemain sayap asal Aljazair ini bergabung dengan Al Ahli dari Manchester City pada bulan Juli.

Pemain berusia 32 tahun ini datang ke Jeddah setelah menjalani musim yang sangat sukses bersama Manchester City, di mana ia memenangkan treble: Premier League, Piala FA dan Liga Champions.

Mahrez bergabung dengan Manchester City asuhan Pep Guardiola pada tahun 2018 dari Leicester City, memenangkan 11 trofi utama di klub.

Sadio Mane: Penyerang Senegal ini bergabung dengan Al Nassr milik Ronaldo awal bulan ini dari Bayern Munich.

Pemain terbaik Afrika dua kali ini memenangkan Bundesliga bersama Bayern, serta Liga Premier dan Liga Champions bersama Liverpool, di mana ia menjadi bagian penting dari lini depan Jurgen Klopp yang menghancurkan bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Pemain berusia 31 tahun ini juga memenangkan Piala Afrika bersama Senegal pada tahun 2022.

Roberto Firmino: Penyerang asal Brasil ini bergabung dengan Al Ahli bulan lalu dari Liverpool.

Pemain berusia 31 tahun itu pergi setelah delapan musim di Anfield, di mana ia mencetak 111 gol dalam 362 penampilan dan memenangkan Liga Premier, Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

Dengan adanya Firmino dan Mahrez di lini serang, para pendukung Al Ahli akan sangat berharap akan kemampuan menyerang tim mereka.

Kalidou Koulibaly: Kapten Senegal ini bergabung dengan Al Hilal dari Chelsea di bulan Juni setelah musim yang kurang memuaskan di klub asal London tersebut.

Namun, musim yang mengecewakan ini gagal merangkum kemampuan asli Koulibaly. Sebelum bergabung dengan Chelsea pada tahun 2022, Koulibaly menghabiskan delapan tahun yang luar biasa di Napoli. Selama masa baktinya di Italia, ia berkembang menjadi salah satu bek tengah terbaik di dunia.

Koulibaly dinobatkan empat kali sebagai pemain terbaik Serie A tahun ini dan terpilih sebagai pemain bertahan terbaik di Italia pada tahun 2019. Pada tahun 2022, ia membawa Senegal menjuarai Piala Afrika.

Marcelo Brozovic: Gelandang asal Kroasia ini bergabung dengan Al Nassr bulan lalu dari Inter Milan.

Pemain berusia 30 tahun ini bergabung dengan Inter pada tahun 2015 dan membantu mereka menjuarai Serie A pada musim 2020/21, diikuti dengan dua trofi Piala Italia. Ia juga termasuk dalam tim Inter yang kalah di final Champions League dari Manchester City musim lalu.

Ruben Neves: Gelandang asal Portugal ini meninggalkan tim Premier League, Wolves untuk bergabung dengan Al Hilal pada bulan Juni.

Pemain berusia 26 tahun ini membuat 253 penampilan untuk Wolves, mencetak 30 gol, sejak tiba pada tahun 2017.

Edouard Mendy: Penjaga gawang asal Senegal ini bergabung dengan Al Ahli pada bulan Juni dari Chelsea.

Mendy membantu Chelsea memenangkan Liga Champions pada 2021. Dia juga dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik UEFA musim ini dan penjaga gawang pria terbaik FIFA pada tahun 2021.

Sergej Milinkovic-Savic: Gelandang Serbia ini bergabung dengan Al Hilal bulan lalu dari Lazio.

Milinkovic-Savic bergabung dengan Lazio pada tahun 2015 dan mencetak 69 gol dalam 341 penampilan untuk klub yang berbasis di Roma.

Pemain berusia 28 tahun ini memenangkan Piala Italia pada tahun 2019 dan tampil untuk Serbia di Piala Dunia 2022 di Qatar dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Jordan Henderson: Gelandang Inggris ini bergabung dengan Al Ettifaq bulan lalu setelah 12 tahun di Liverpool.

Pemain berusia 33 tahun ini telah memainkan 492 pertandingan untuk Liverpool, mencetak 33 gol.

Henderson juga membawa klub meraih gelar Premier League pertama mereka selama 30 tahun pada tahun 2020, setahun setelah memenangkan Liga Champions.

Pemain internasional Inggris ini akan dipertemukan kembali di Arab Saudi dengan legenda Liverpool, Steven Gerrard, yang baru-baru ini ditunjuk sebagai manajer Al Ettifaq.

Allan Saint-Maximin: Pemain sayap asal Prancis ini bergabung dengan Al Ahli setelah meninggalkan klub Inggris, Newcastle, bulan lalu.

Pemain berusia 26 tahun ini membuat 124 penampilan untuk Newcastle dan mencetak 13 gol sejak bergabung dari Nice pada 2019.

Alex Telles: Bek kiri asal Brasil ini meninggalkan Manchester United untuk reuni dengan mantan rekan setimnya, Ronaldo, di Al Nassr bulan lalu.

Pemain berusia 30 tahun ini menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman di Sevilla, di mana ia memenangkan Liga Europa.

Fabinho: Gelandang asal Brasil ini bergabung dengan Al Ittihad bulan lalu dari Liverpool.

Pemain berusia 29 tahun itu bergabung dengan Liverpool dari Monaco pada 2018 dan membuat 219 penampilan untuk The Reds, memenangkan Liga Champions, Liga Premier, Piala FA, Piala Liga, dan Piala Dunia Antarklub.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!