Berita InternasionalKabar Saudi

Pembayaran elektronik wajib dilakukan di pasar

Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian telah mengeluarkan pedoman untuk mengatur operasi pasar manfaat publik dan untuk memantau pekerjaan penyedia layanan.

Panduan baru ini berisi 19 pasal yang berkaitan dengan semua aspek kelancaran operasi pasar untuk kepentingan umum. Menurut panduan tersebut, salah satu persyaratan untuk mendirikan pasar baru di sebuah kota atau gubernuran di mana terdapat pasar yang sudah ada adalah bahwa pasar baru tersebut harus memiliki keunggulan komparatif dibandingkan dengan pasar yang sudah ada, dan jumlah penduduk di daerah tersebut harus sebanding dengan jumlah pasar yang ingin didirikan di kota tersebut. Persyaratan lainnya adalah bahwa kapasitas serap pasar yang sudah ada tidak mencukupi untuk menampung seluruh kegiatan.

Panduan ini menegaskan bahwa Undang-Undang Pertanian menetapkan perlunya menggunakan pembayaran elektronik saat membeli dan menjual di pasar untuk kepentingan umum, dan mematuhi aturan Saudisasi sesuai dengan peraturan pemerintah. Selain itu, Anda juga harus mendapatkan lisensi dari Kementerian Kota, Urusan Pedesaan, dan Perumahan.

Pedoman tersebut menetapkan bahwa ketika membangun pasar ternak baru, harus dipertimbangkan bahwa pasar tersebut berada di luar wilayah perkotaan dan ketika pasar tersebut sesuai dengan standar sebelumnya, maka diajukan ke kementerian untuk memutuskan permohonan, dengan melampirkan foto udara yang menunjukkan lokasi pasar yang baru.

Panduan ini berisi persyaratan untuk menyelenggarakan pasar musiman dan lelang. Persyaratan tersebut meliputi adanya entitas yang menyelenggarakan pasar atau lelang dan menanggung semua beban keuangan dan organisasi, serta tidak memengaruhi pergerakan dan aktivitas pasar barang publik di wilayah tersebut. Akan ada pendaftaran untuk semua pemangku kepentingan pasar seperti pedagang grosir, pengecer, distributor, penyedia jasa, masyarakat koperasi, dan pengangkut.

Otoritas yang berwenang akan menentukan hari dan jam kerja yang tepat untuk setiap pasar di kota, gubernuran, dan pusat-pusat afiliasinya pada hari-hari reguler dan musiman seperti Ramadan dan Haji. Papan nama juga harus ditempatkan dengan jelas di pintu masuk pasar yang menunjukkan hari dan jam operasi, serta pada hari-hari musiman, dengan menyebutkan nama musim dan tanggal mulai dan berakhirnya.

Pencatatan harga produk pertanian di pasar utama di Arab Saudi harus dilakukan melalui saluran dan platform yang disetujui melalui pengontrol harga yang ditugaskan oleh Kementerian Lingkungan, Air dan Pertanian serta cabang dan kantornya. Investor berkewajiban untuk memasukkan data harga dan kuantitas melalui saluran dan platform yang disetujui.

Panduan ini juga menjelaskan hal-hal yang terkait dengan biosekuriti, pelestarian kesehatan masyarakat, dan keamanan kekayaan sektor pertanian. Perusahaan pengelola atau investor pasar wajib melakukan pembersihan, pemeliharaan, dan penjagaan keamanan fasilitas pasar.

Pedoman ini mewajibkan semua pemangku kepentingan pasar untuk menempatkan limbah di tempat yang telah ditentukan. Pembersihan dan sterilisasi secara berkala diperlukan untuk wadah sampah dan tempat-tempat yang terpapar polusi. Jika pasar ditutup, tirai udara akan dipasang di pintu masuk. Serangga, hewan pengerat, dan hewan liar harus dikendalikan dengan menggunakan metode mekanis dan kimiawi, asalkan tidak mempengaruhi keamanan produk makanan.

Menurut pedoman tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian akan mengeluarkan izin untuk toko, lumbung dan kios, serta izin untuk penyedia layanan dan pekerja pasar yang berafiliasi dengan toko, firma, dan perusahaan yang memiliki izin untuk bekerja di pasar. Mengenai pengangkutan produk pertanian, panduan ini menekankan perlunya mematuhi kualitas dan keamanan produk pertanian, dan pemilik kendaraan yang tidak mematuhi peraturan akan dikenai denda. Panduan ini juga menekankan perlunya memastikan masuknya hanya produk pertanian yang sehat, dan menghancurkan produk pertanian yang tidak layak untuk dikonsumsi manusia.

Kementerian akan melakukan pengawasan berkala terhadap semua toko, gudang, dan lumbung setiap hari. Kementerian bertanggung jawab untuk melaporkan kunjungan dan pelanggaran melalui saluran yang telah disetujui. Sesuai dengan pedoman, bahan yang disita yang tidak layak untuk dikonsumsi manusia harus dimusnahkan.

DSA

DSA

CHANNEL DSA adalah channel khusus berbagi info Career, Experience, Professional Examination, Job Vacancy, Tips & Trik Aman Bekerja di Timur Tengah | www.devisaudia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!